Marketing 5.0, Kata-nya bisa bantu pekerjaan manusia?

Sebelum kita masuk, apa sih Marketing 5.0 itu?
Umumnya kalian pasti sudah tahu apa itu marketing. Seiring berkembangnya zaman, muncullah Marketing 5.0 ini, dimana bentuk pemasarannya didukung oleh teknologi dan dipersiapkan untuk masa depan. Maksudnya masa depan gimana sih? Seperti yang kalian ketahui, bahwa semua orang sudah tidak terlepas dari gadgetnya. Pemasaran atau Marketing 5.0 ini menciptakan customer experience melalui teknologi.
Kilas balik waktu, Banyak perusahaan besar maupun perorangan yang melakukan pemasaran dengan membagikan brosur, mulut ke mulut, dan masih banyak lagi. Sekarang, kita hanya perlu menekan satu tombol untuk melakukan pemasaran. Perkembangan yang pesat, merubah pikiran dan cara kerja seseorang. Tentunya terdapat dampak positif dan negative. Itulah kenapa kita tetap harus memilah milih.

Bagaimana cara kita penerapan 5.0?
Lagi – lagi konsep marketing 5.0 mengarah pada ilmu teknologi yang dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Meskipun begitu, kita tetap harus melakukan control karena bagaimanapun sebuah mesin atau teknologi tetap harus dikelola oleh manusia. Kasarnya teknologi yang melakukan pendataan tetapi manusia yang mengelaborasi dan memberikan keputusan.
Dengan itu, dapat disimpulkan bahwa mulai dari Marketing 1.0 hingga 3.0 yang dimana masih dilakukan bagi pemasaran tradisional semakin lama berkembang hingga Marketing 4.0 dan menjadi Marketing 5.0. Fokus Marketing digital yang sudah mulai diterapkan oleh banyak perusahaan.