Makanan Nusantara yang Berhasil Mendunia

Setiap negara memiliki keanekaragaman budaya yang berbeda-beda dengan karakteristik serta ciri khasnya masing-masing, termasuk dalam jenis makanan di suatu negara, termasuk negara kita Indonesia. Bahkan tak jarang beberapa makanan khas Nusantara ini berhasil mendunia karena memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Selain dikenal memiliki kekayaan ragam budaya, Indonesia juga sering disebut sebagai surganya kuliner. Pasalnya berbagai macam olahan menu makanan nusantara tersedia di Negara Kepulauan ini. Oleh karena itu, tidak heran apabila beberapa makanan khas nusantara terkenal hingga ke mancanegara karena cita rasanya yang lezat dan menggugah selera. 

Berbagai macam makanan nusantara dari setiap daerah memiliki ciri khas nya masing-masing. Lantas, apa saja kuliner Indonesia yang mendunia? Simak 5 kuliner Nusantara yang berhasil mendunia:

1.Rendang

Rendang masuk menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Makanan tradisional yang berasal dari tanah Minangkabau ini telah beberapa kali dinobatkan sebagai makanan terenak nomor satu di dunia versi CNN International mengalahkan sushi dari Jepang. Rendang dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Bumbu utama yang digunakan dalam memasak rendang di antaranya daging sapi, santan kelapa, cabai, dan rempah-rempah. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan makanan ini berhasil masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia.

2. Nasi Goreng

Tidak hanya rendang, nasi goreng juga masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia. Makanan yang berbahan dasar nasi yang digoreng dengan tambahan berbagai bumbu ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Cara mengolah nasi goreng biasanya berbeda-beda, namun kebanyakan dimasak dengan berbagai macam bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, asam jawa, dan bumbu lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, nasi goreng semakin banyak varian rasa, di antaranya nasi goreng telur, ikan asin, ayam, dan lain sebagainya.

3.Sate

Sate menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang berhasil masuk daftar makanan terenak di dunia menurut CNN World’s Best Foods 2017. Makanan yang umumnya menggunakan bahan dasar daging kambing dan ayam ini memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Tak heran, makanan yang biasa dihidangkan dengan sambal kacang ini sangat digemari oleh semua kalangan.

4.Gudeg

Gudeg merupakan salah satu jenis kuliner tradisional dari Yogyakarta yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan manis membuat makanan legendaris ini sangat digemari oleh semua kalangan. Selain memiliki cita rasa yang lezat, harga satu porsi gudeg terbilang cukup terjangkau. Bahan dasar pembuatan gudeg pada umumnya memakai nangka muda. Meskipun begitu, kini banyak ditemukan gudeg dengan bahan dasar lain, seperti manggar, jamur hingga buah salak. Pada saat penyajian, biasanya gudeg dilengkapi dengan nasi putih, telur, hingga daging ayam.

5. Sop Buntut

Kuliner Indonesia yang mendunia berikutnya ialah sop buntut. Makanan yang terbuat dari potongan daging ekor sapi ini memiliki cita rasa gurih dan menggugah selera. Tak heran, jika sop buntut menjadi salah satu kuliner yang sangat digemari oleh semua kalangan. Sop buntut pernah disajikan oleh salah seorang Chef asal Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol. Acara ini diikuti lebih dari 300 peserta, sop buntut menjadi salah satu makanan yang mendapat respon positif dari para peserta. Melalui acara ini juga sop buntut diakui sebagai salah satu makanan terenak yang dikenal dunia.

Sources: https://www.merdeka.com/jateng/6-kuliner-indonesia-yang-mendunia-lezat-dan-menggugah-selera-kln.html?page=6