Indonesia Ikut Serta Mengulurkan Tangan Kepada Mitra Ojek Online

Pandemi virus Covid-19 kian menyebar luas hampir di seluruh negara, termasuk Indonesia menjadi salah satu korban dengan jumlah kasus yang positif sudah mencapai 1500 lebih orang yang terpapar. Pemerintah pun menindak lanjuti aksi untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dengan menerapakan social distancing. Dikarenakan social distancing, orang-orang ditegaskan untuk mengurangi seminimum mungkin dari kegiatan luar dan sebaliknya melakukan aktifitas pekerjaan mereka di dalam rumah saja.

Penerapan aksi ini sangat merugikan ekonomi kita, karena bisnis tidak semua dapat berjalan seperti biasanya. Para pekerja informal yang merasa sangat-sangat dirugikan seperti ojek online. Dikarenakan upah mereka didapatkan berdasarkan seberapa banyak order yang mereka terima dari pelanggan. Dikarenakan penegasan aksi social distancing, efeknya langsung dapat dirasakan oleh para ojek online karna jumlah order yang sangat minimum.

Grab sebagai salah satu bisnis ojek online pun turut perihatin akan keadaan finansial para mitra mereka kedepannya. Dilihat pandemi virus Covid-19 ini tidak tahu kapan akan berhenti,  bisa dipastikan bahwa membutuhkan waktu yang sangat lama, sampai bulan pertengah tahun lebih wabah virus ini mungkin akan berakhir, itu pun tergantung juga dari kedisiplinan warga Indonesia untuk tetap menerapkan sosial distancing. Melihat kejadian ini, pihak manajemen Grab melakukan aksi donasi untuk para mitra mereka yang senantiasa telah bekerjasama dengan Grab yang telah menjadi partner dengan kontribusi terbesar di operasional Grab. Para manajemen senior Grab akan mendonasikan 20% gaji mereka kepada mitranya. Untuk membantu kebutuhan finansial mereka agar masih bisa terus menafkahi kebutuhan keluarga mereka selama masa pandemi ini.

“Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak ketidakpastian finansial yang besar bagi mitra pengemudi, mitra pengiriman, dan mitra merchant kami. Prioritas utama kami adalah memastikan keselamatan dan keberlangsungan hidup setiap individu yang tergabung dalam platform kami. Kami berterima kasih bagi para mitra yang terus menyediakan layanan harian penting bagi masyarakat pada waktu yang sulit ini,” jelas Anthony Tan, Group CEO and Co-Founder of Grab di Singapura, Senin (30/03/2020). Selain bantuan dari pihak manajemen Grab, tak sedikit juga para pelanggan ikut serta membantu stabilitas finansial para mitra dengan melakukan orderan GrabFood lalu memberikan makanan tersebut kepada mitra sebagai wujud peduli karna mereka telah merelakan diri mereka tetap melakukan pekerjaan mereka seperti biasa ditengah wabah virus ini yang dapat mengancam kesehatan mereka. Namun, mereka senantiasa bekerja untuk melayani warga yang berada di rumah.