Selamat Kepada BINUS meraih Akreditasi A untuk Perguruan Tinggi oleh BAN-PT

Hello Imers !!!

Imers udah tau belom sih kalo Universitas Bina Nusantara meraih Akreditasi A untuk Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) oleh BAN-PT Tahun 2016.

YES! Dari 4.445 perguruan tinggi di Indonesia, hanya ada 1.120 perguruan tinggi yang telah terakreditasi oleh Pemerintah. Dari sekian banyak perguruan tinggi, hanya 5% yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan sisanya adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hanya 49 perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan predikat Akreditasi A, dan Binus merupakan salah satu dari perguruan tinggi tersebut.

 

Sebenarnya apa sih itu BAN-PT ?

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan lembaga yang membantu pemerintah dalam upaya melakukan tugas dan kewajiban melaksanakan pengawasan mutu dan efisiensi pendidikan tinggi. Menurut Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mengatur lebih lanjut mengenai penjaminan mutu pendidikan tinggi dan akreditasi. Pemerintah memiliki niat dan kepedulian dalam pembinaan penyelenggaraan perguruan tinggi, melayani kepentingan masyarakat, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Nilai Peringkat dalam menentukan akreditas suatu perguruan tinggi menurut BAN-PT, sebagai berikut :

0     – 400 = NA

401 – 500 = C

501 – 600 = B

601 – 700 = A

 

RESMI !!

Pada tanggal 28 Desember 2016, Universitas Bina Nusantara (BINUS) telah mendapat keputusan bahwa BINUS mendapatkan nilai yang cukup tinggi yang mengantarkan BINUS mendapatkan Akreditasi A yakni sebesar 668 point.

Telah resmi menerima SK pada Selasa, 24 Januari 2017 yang dihadiri oleh Dr. Totok Prasetyo, B.Eng., M.T. selaku Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi (Ditjen Kelembagaan IPTEK DIKTI), Dr. Illah Sailah selaku kepala coordinator kopertis wilayah 3, Ir. Bernard Gunawan selaku Ketua Yayasan Bina Nusantara, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor dari Universitas Bina Nusantara, Rekan-rekan Dosen dan Karyawan, Perwakilan Organisasi Kemahasiswaan, dan Rekan-rekan media yang telah menjadi saksi penyerahan SK kepada Bina Nusantara.

Akreditasi A yang didapatkan dimulai dari perjuangan-perjuangan mereka (mahasiswa, dosen, karyawan, dll) membuat pendidikan Binus menjadi lebih baik. Kerjasama industri, membuat industri percaya pada Binus dan mengirimkan mahasiswa untuk mencicipi dunia kerja. Tidak hanya dosen, mahasiswa diberikan apresiasi terhadap prestasi mereka sehingga kontribusi mereka dapat menentukan hasil nyata yang didapatkan oleh Binus saat ini. Persiapan dilakukan lewat kesungguhan untuk dapat membawa kualitas Binus di mata masyarakat.

“Akreditasi A menunjukkan bahwa pemerintah melalui BAN PT memberikan penghargaan kepada kita, tapi ini juga berarti mengingatkan kita untuk terus berkarya” – Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M.

Selamat kepada BINUS

 

Editor : Aliyah Nurjannah Aswin