Respon Kominfo mengenai kebocoran data, Yuk kenali cara mencegah secara mandiri!

Respon Kominfo mengenai kebocoran data, Yuk kenali cara mencegah secara mandiri!

Kebocoran data telah terjadi lagi. Baru-baru ini, 1,3 miliar data pribadi SIM Card masyarakat bocor dan diperjualbelikan oleh peretas di forum online. Dikutip dari Dinsights, “Bocoran ini berasal dari pengguna Breached, Bjorka, pada 31 Agustus lalu. Ia mengaku telah menyita data 1.304.401.300 nomor SIM di Indonesia yang berisi identitas pengguna, nomor induk kependudukan (NIK), operator seluler, dan tanggal pendaftaran. Data sensitif tersebut, disimpan dalam file berukuran 18 dan 87 gigabyte, dijual seharga US$50.000 dan dibayar dalam Ethereum”.

Isu kebocoran data ini membuat resah masyarakat karena data pribadi mereka bocor dan diperjualbelikan oleh peretas secara ilegal. Mereka takut data pribadinya disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mengetahui hal tersebut, Kominfo memberikan respon akan isu kebocoran data yang sedang ramai diperbincangkan ini. Dikutip dari CNNIndonesia.com, “Kami telah menindaklanjuti dengan melakukan koordinasi dugaan kebocoran data pendaftaran Kartu SIM telepon Indonesia dengan melakukan koordinasi bersama ekosistem pengendali data,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan”.

Dari kutipan tersebut, dapat dikatakan bahwa Kominfo akan menindaklanjuti dan menelusuri isu kebocoran data masyarakat tersebut. Terlepas dari itu semua, Kominfo juga memberikan saran untuk seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menjaga data privasi kita sendiri.

Berikut beberapa cara untuk mencegah kebocoran data privasi kita :

  • Jangan membagikan foto KTP,SIM, maupun dokumen penting lainnya ke situs yang tidak dikenal.
  • Jangan pernah membagikan kode verifikasi berupa SMS maupun Whatsapp kepada siapapun.
  • Gunakan otentifikasi dua faktor jika diperlukan untuk melindungi bila kehilangan akses ke akun email.
  • Berhati-hati dengan phising.
  • Hanya menginstal aplikasi dari sumber terpercaya.
  • Jangan menggunakan Wi-Fi umum jika sedang melakukan pembayaran.
  • Selalu perbarui perangkat dan perbarui keamanan.

 

REFERENSI :

https://aptika.kominfo.go.id/2022/09/dugaan-kebocoran-data-sim-card-kominfo-lakukan-koordinasi-dengan-ekosistem-pengendali-data/

https://dinsights.katadata.co.id/read/2022/09/05/sim-card-data-leaks-public-privacy-in-peril