Lemahnya keamanan siber di Indonesia

Tahukah kalian, bahwa Indonesia berada dalam peringkat 83 dari 160 negara dengan indeks keamanan siber terburuk di dunia? Dengan memperoleh skor keamanan siber yaitu 38,96 pada indeks keamanan siber dan skor 46,84 pada tingkat pengembangan digital, Indonesia juga menduduki peringkat 6 dari 10 negara ASEAN perihal indeks keamanan siber tersebut. Dengan rendahnya negara keamanan siber di Indonesia, banyak masyarakat yang enggan untuk membagikan data pribadinya pada dalam berbagai platform.

Banyak sekali kasus-kasus keamanan siber yang telah terjadi di Indonesia. Pada tahun 2022 lalu, kasus penjualan data pribadi yang dilakukan oleh pengguna anonim telah terjadi di beberapa situs DeepWeb. Tidak hanya masyarakat umum, bahkan pejabat pemerintahan,dan lembaga kepolisian juga menjadi korban penjualan data pribadi tersebut. Data pribadi yang bocor tersebut umumnya berupa foto, nomor induk kependudukan (NIK), jabatan, hingga akte kelahiran dan ijazah.

Diliput dari kementerian komunikasi dan informatika Indonesia (KOMINFO), lemahnya keamanan siber di Indonesia ini sebagian besarnya disebabkan oleh kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Padahal, perkembangan sumber daya manusia (SDM) juga tidak kalah penting dengan perkembangan teknologi yang ada di Indonesia.

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, kementerian komunikasi dan informatika Indonesia (KOMINFO) menyelenggarakan program Born to control yang dimana merupakan program pencarian bakat seluruh masyarakat Indonesia. Program Born to control ini akan mengambil 2000 masyarakat berbakat yang nantinya akan dilatih dalam pelatihan bootcamp selama 2 minggu. Diharapkan program ini akan menciptakan keseimbangan antara sumber daya manusia (SDM) yang ada di Indonesia sehingga tidak menimbulkan ketimpangan antara perkembangan teknologi dan keamanannya.

Sources :

  1. https://data.tempo.co/data/1501/kebocoran-data-bukti-keamanan-siber-indonesia-yang-lemah
  2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/8574/indonesia-kekurangan-bakat-cyber-security/0/sorotan_media