Apa Itu Artificial Intelligence?

picture source: https://stepfeed.com/saudi-arabia-uae-are-slowly-substituting-reliance-on-oil-with-ai-2161

Aritificial Intelligence (AI) merupakan sebuah kecerdasan yang dimiiliki oleh mesin/ komputer yang dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh manusia. Kecerdasan yang dimiliki meliputi banyak aspek kemampuan kecerdasan manusia seperti penalaran, pengetahuan, perencanaan, pembelajaran, pemrosesan bahasa alami, hingga kemampuan untuk memanipulasi objek. Tujuan dibuatnya AI ini untuk memudahkan pekerjaan manusia agar lebih efesien dan cepat.

Dalam perkembangannya, AI memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihan AI yaitu bersifat karena konsisten, teliti, dan permanen.Sehingga AI menawarkan kemudahan untuk digandakan atau diserbakan. AI juga dapat menyimpan berbagai informasi atau data tanpa adanya batasan. Kelebihan lainnya yaitu penggunaan AI tidak memiliki batas waktu, karena AI tidak mengenal lelah dan bosan. Kekurangan AI adalah kecerdasan yang dimilikinya hanya bergantung pada input yang diberikan oleh programmer dan AI juga tidak memiliki Common Sense. Common Sense adalah kemampuan yang tidak hanya sekedar memproses sebuah informasi, melainkan mengerti akan informasi tersebut.

AI memiliki 2 kategori yaitu lemah dan kuat. AI lemah yang juga dikenal dengan AI sempit adalah sistem AI yang dirancang dan dilatih untuk tugas tertentu, contohnya asisten pribadi virtual. Sedangkan AI kuat, juga dikenal sebagai kecerdasan buatan umum adalah sistem AI dengan kemampuan kognitif manusia secara umum. Ketika disajikan dengan tugas khusus, sistem AI kuat dapat menemukan solusi tanpa campur tangan manusia

AI sudah banyak diterapkan dalam kegiatan keseharian manusia. Fungsi yang dimiliki oleh AI diharapkan dapat melakukan beberapa hal yang akan memudahkan manusia. Jika diambil kesimpulan secara menyeluruh, kecerdasan buatan berusaha untuk membuat robot yang memiliki kecerdasan yang mirip atau bahkan lebih dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.