HANDPHONE HAS EVERYTHING WE NEED

ELVA ANGELICA CHANDRA

2001593444


Sumber Gambar : https://image.issuu.com/150603054614-34fc35ed007cb57819953129d4dbe5b1/jpg/page_1.jpg

                Pada jaman sekarang, teknologi sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup kita. Teknologi sudah diterapkan di mana-mana sebagai sebuah jalan keluar untuk menghindari kesalahan yang sering kali disebabkan oleh manusia itu sendiri. Mungkin jaman dulu teknologi merupakan sesuatu yang sangat sulit digunakan dan sedikit orang yang mengerti. Namun karena dampak teknologi di kehidupkan baru terealisasi sekarang, banyak perusahaan terus mengembangkannya dengan ide-ide dan inovasi-inovasi baru dan unik. Terlihat dari pengembangan software yang dahulu hanya diterapkan di komputer atau laptop kini telah dapat digunakan di media handphone.

Handphone telah terus berevolusi mulai dari bentuk, ukuran processor dan tampilannya. Handphone jaman sekarang dirancang sesederhana mungkin agar menjadi lebih efisien. Karena laptop merupakan suatu gadget yang besar sedangkan komputer tidak bisa dibawa ke mana-mana, developer mencoba untuk memperbaharui software-software yang telah ada untuk dapat digunakan di handphone seperti Microsoft Office, Calculator, Music Player, Video Player, dan lain-lain. Tidak hanya itu, bahkan Operating System yang khusus untuk handphone mulai diciptakan.

Operating System yang kini banyak digunakan di mayoritas handphone adalah Android. Hal ini dikarenakan Android cocok digunakan di segala jenis handphone. Ada juga Operating IOS yang hanya dapat dipakai di perangkat Apple. IOS tidak didesain untuk digunakan di handphone jenis lain. Kedua operating system ini terus melakukan upgrade untuk memaksimalkan performance mereka serta memberikan fitur-fitur baru yang unik dan memberi keuntungan lebih untuk kita. Pada beberapa handphone yang dikeluarkan Microsoft juga telah mencoba menggunakan Operating Systemnya sendiri untuk membawa Operating System Microsoft yang bermula di media komputer menuju ke media handphone. Microsoft merupakan Operating System yang paling banyak digunakan di dunia komputer. Namun dalam dunia handphone, Microsoft harus berjuang mati-matian melawan dominasi Android dan IOS yang telah memberikan dampak besar lebih duluan.

Kini tidak hanya memperbaharui yang telah ada, namun telah diciptakan banyak software-software yang unik dan menarik. Di media handphone, software-software ini lebih sering disebut dengan istilah application.

Kedua hal itu bisa digunakan jika kita memiliki pulsa. Namun terkadang secara tanpa sengaja dalam bertelepon kita suka boros, begitu juga dengan SMS. SMS yang isinya lebih panjang akan memakan banyak pulsa.  Maka dari itu, sekarang telah diciptakan Instant Messaging application yang hanya membutuhkan internet untuk dapat menggunakannnya. Instant Messaging tidak akan menggunakan pulsa kita, tetapi menggunakan kuota dengan jumlah yang sangat kecil. Begitu juga halnya dengan telepon, Instant Messaging memperbaharui sistemnya dengan menambahkan fitur free call. Free call juga hanya bergantung pada kuota kita. Dengan terciptanya Instant Messaging dan Free Call Feature, kita tidak perlu merasa takut kehabisan pulsa lagi

Seiring berjalannya waktu, makin banyak application handphone yang telah diciptakan. Mereka bisa berupa bidang fotografi, pariwisata, hiburan, bisnis, dan lain-lain. Instant Messaging bisa berupa LINE, Kakao Talk, Whatsapp, Telegram, dsb. Pariwisata sekarang menjadi bahan pembicaraan banyak orang setelah munculnya Traveloka dan Agoda. Kedua application tersebut telah berdampak besar dalam kebutuhkan kita akan pembelian tiket pesawat, booking hotel, tiket kereta, dan banyak tawaran lainnya, Ada pula online shopping application seperti Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka, Lazada, dsb.

Application handphone terus menerus diiciptakan yang baru dan terus bersaing dalam masing-masing bidangnya hingga akhirnya manusia sudah tidak perlu merasa repot untuk memenuhi kebutuhkannya. Jaman sekarang, sudah terlihat bahwa manusia sangat bergantung pada handphone yang telah berevolusi banyak dan kini di pasaran nama handphone telah berganti menjadi nama smartphone karena kemampuannya yang terbilang pintar dan canggih.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

http://mentari-ilmu.blogspot.co.id/2011/12/perkembangan-software-engineering_19.html

Elva Angelica Chandra