Ini dia, BAIK si Bahasa Pemrograman asal Indonesia!

Seperti yang kita tahu, bahasa pemrograman seperti C/C++, Python, dan SQL menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa induk dari pemrogramannya. Akan tetapi, bagaimana jika ada bahasa pemrograman dalam bahasa Indonesia? Wah, tentu akan menjadi sebuah hal yang menarik ya! Ditambah lagi, kita akan jauh lebih mengerti jika menggunakan bahasa induk sendiri. Hal tersebut bukan sesuatu hal yang tidak mungkin lho! Ternyata, sudah ada warga Indonesia yang membuat bahasa pemrograman dalam bahasa Indonesia.

BAIK, Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer, merupakan sebuah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh bapak Haris Hasanudin, BSc. Msc. yang ditujukan secara khusus untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi web dan Internet of Things (IoT). Bahasa pemrograman BAIK saat ini hanya memiliki sebuah intepreter yang ditulis dengan bahasa C++, yang dapat dipasang dan dijalankan di dalam sistem operasi Windows dan Linux. Meskipun demikian, kamu masih dapat mencoba bahasa pemrograman ini secara langsung melalui situs http://baik-lang.id/play.html.

Sesuai dengan namanya, seluruh sintaks dan istilah bahasa BAIK ditulis di dalam Bahasa Indonesia. Bahkan, nama ekstensi file yang digunakan untuk program atau script BAIK adalah “.ina”, salah satu singkatan untuk negara Indonesia. Jika di dalam bahasa pemrograman lainnya seperti C++, JavaScript, dan Python memiliki perintah seperti print, if, dan while, bahasa BAIK menggunakan perintah-perintah seperti cetak, jika, dan selagi untuk melakukan hal yang sama. Hal ini dapat menjadikan bahasa BAIK lebih mudah dipelajari oleh para pemrogram pemula yang memiliki keterbatasan dalam memahami bahasa Inggris.

Bahasa pemrograman BAIK memiliki sekumpulan pustaka (library) yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web menggunakan server web Lighttpd dan database MariaDB/MySQL. Namun, sebelum Anda dapat menggunakannya, Anda harus menginstal sebuah program bernama BALI Maria dari situs resmi BAIK terlebuh dahulu, karena untuk saat ini BAIK belum memiliki sebuah package manager layaknya NuGet untuk C#, NPM dan Yarn untuk Node.js, serta PyPi (pip) untuk Python.

Bahasa BAIK juga dapat digunakan untuk membangun proyek-proyek IoT menggunakan perangkat Raspberry Pi, meskipun BAIK saat ini belum mendukung platform Arduino dan sejenisnya karena interpreter BAIK belum dapat mengkompilasi program baik menjadi format yang didukung oleh Arduino. Para GPIO di dalam Raspberry Pi pun dapat diakses secara mudah layaknya dalam program C/C++ dan Python.

Bahasa BAIK dapat kamu unduh secara gratis lho, melalui laman https://sourceforge.net/projects/baik/ dan http://baik-lang.id, di mana Anda juga dapat melihat dokumentasi bahasa pemrograman ini serta pemanfaatannya terhadap sebuah aplikasi berbasis MVC (Model-View-Controller) dan proyek-proyek IoT. Saat ini, bahasa pemrograman ini sedang dikembangkan lebih lanjut dengan menulis ulang interpreter BAIK ke dalam bahasa pemrograman Rust (sebelumnya C++). Yuk, mari terus dukung karya anak bangsa Indonesia!