Berapa sih salary yang bakal didapat dari lulusan Teknik Informatika?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai salary dari teknik informatika, kita kenalan lebih dekat yuk apa sih itu teknik informatika! Teknik informatika atau yang biasa disebut juga dikalangan anak muda dengan IT (Information and Technology) merupakan suatu jurusan yang mempelajari tentang sistem dari komputer beserta sofware dan hardware  yang dimiliki oleh suatu perangkat komputer.

Tidak sampai di situ saja kawan-kawan, di dalam jurusan teknik informatika terbagi oleh beberapa jurusan sekaligus langsung kita beri rincian gaji rata-rata dari lulusan teknik informatika nih.

  • Front-End Developer


Kali ini kita kenalan lebih dekat yuk dengan front-end developer. Jadi, front-end developer ini memegang kendali atas interface dari sebuah website. Nah, pada interface-nya sendiri biasanya terdapat navigation bar, logo dari perusahaan, desain tata letak websitenya, dll. Untuk kisaran gaji rata-rata yang bakal didapat sekitar 5 – 10 juta! Tertarik gak sih kalian? 

  • Back-End Developer

Selanjutnya, ada bagian dari back-end developer nih. Seorang back-end developer ini bertugas untuk menjaga serta memastikan agar sistem,, network, server, dan data dari sebuah website dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu, gaji yang bakal kamu terima berdasarkan rata-rata hasil riset adalah sekitar 7 – 11 juta rupiah per bulannya nih. 

  • Fullstack Developer

Next, kita bakalan bahas dari fullstack developer nih. Kira-kira udah kebayang dong fullstack developer ini apa? Yups, betul ini merupakan kombinasi antara front & back end developer. Untuk kisaran gaji yang bakal kalian dapatkan perbulannya adalah 9 – 15 juta rupiah nih. Adakah dari kalian yang berminat ingin menjadi fullstack developer?

  • Data Scientist

Kemudian, kita telurusi bersama yuk bagian data scientist. Pastinya kalian udah tau yah dari namanya sudah berbau dengan data nih. Jadi, data scientist merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk bagaimana kita dapat mengumpulkan lalu mengekstrak data tersebut dengan menggunakan metode algoritma dari machine learning. Tujuan melakukan data ini adalah untuk meningkatkan nilai dan mutu dari suatu produk. Kisaran gaji yang akan kamu terima mulai dari Rp 7 – 12 juta lho teman-teman. 

  • Software Engineer

Kalau ini ada juga software engineering. Software engineering memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak yang dibutuhkan perusahan. Profesi ini memiiki gaji antara Rp 15 – 40 juta dengan pengalaman kerja 5-10 tahun.

  • Cyber Security

Ini nih para hacker, kira kira berapa sih? Di era globalisasi ini, perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat kita dipermudah dalam melakukan susuatu. Namun, ada juga yang berpotensi sebagai tindak kejahatan loh. Maka dari itu, banyak sekali yang membutuhkan seorang cyber security terutama di kepolisian untuk mengetahui kejahatan di sosial media lebih cepat. Gaji yang akan diterima oleh kalian sebesar 7 Juta untuk pemula dan akan terus bertambah seiring berpengalamannya kalian.

  • Mobile Aplication Developer

Apalagi ini nih yang biasanya sering kita temui karena tiap hari ada disamping kita yaitu smartphone. Pekerjaan jurusan teknik informatika sebagai Mobile Application Developer adalah ahli pengembang untuk aplikasi perangkat mobile iOS atau Android, seperti di smartphone atau tablet. Kisaran gaji teknik informatika sebagai Mobile Application Developer adalah mulai dari 7 juta rupiah untuk junior dan bisa lebih tinggi lagi untuk senior.

  • Game Developer

Biasanya orang-orang kalau sedang bosan apa sih yang akan mereka lakukan? Biasanya sih kebanyakan orang main games yah. Nah, Pekerjaan jurusan teknik informatika sebagai Game Developer adalah ahli pengembang untuk game dalam berbagai format, seperti PC, konsol, browser web, dan ponsel perangkat mobile. Kisaran gaji teknik informatika sebagai Game Developer adalah mulai dari 6 juta rupiah lebih.

Nah, jadi setelah kalian baca kira-kira kalian lebih tertarik dengan pekerjaan apa nih? Apakah fullstack? Back-end dev? Front-end dev? Tinggal kalian pilih aja mana yang lebih tertarik. Just FYI aja yah teman-teman, kalian boleh memilih apa saja, tetapi harus disesuaikan dengan ketertarikan dan minat kalian yah! Jangan sampai tertarik dengan gaji yang besar, tetapi kalian tidak bisa bahagia dengan pekerjaan. 

So, be smart people and never give up to reach your dream! See you on next article 😉

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis : Jonathan Andrew Yoel, Justin Bryan
  • Editor : Fisalma Maradita, Marcello Yoel