Produk baru dari Nvidia, RTX 40 series. Apakah worth it?

NVIDIA, perusahaan teknologi yang berbasis di Santa Clara, California, baru-baru ini meluncurkan GeForce seri RTX 40. Seri ini menggantikan seri RTX 30 yang sudah ada sebelumnya dan menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Dilansir dari Nvidia dan juga leaks yang telah bermunculan di media platform Twitter, RTX 40 series dicadangkan akan dirilis pada kuartir pertama 2023. Nah, apa aja sih keunggulan-keunggulannya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya.

Dilansir dari Tech Advisor, Seri RTX 40 menawarkan peningkatan kinerja 2-4x lipat dari seri sebelumnya dengan penggunaan GPU NVIDIA Ada Lovelace Architecture 4nm yang baru dan teknologi NVIDIA DLSS 3.0 yang telah ditingkatkan. 

Salah satu fitur utama dari seri RTX 40 adalah kemampuan untuk mengaktifkan ray tracing secara real-time. Ray tracing adalah teknologi yang digunakan untuk menghasilkan efek cahaya yang realistis dalam game atau aplikasi grafis lainnya. Dengan RTX 40, pemain game dapat menikmati efek cahaya yang lebih baik dan lebih realistis dalam game favorit mereka. Seri RTX 40 juga dilengkapi dengan teknologi AI yang memungkinkan untuk melakukan upscaling gambar secara real-time. Dengan teknologi ini, seri RTX 40 dapat meningkatkan kualitas gambar dari game atau aplikasi yang tidak didukung dengan resolusi tinggi.

NVIDIA GPU RTX 4050, RTX 4060, dan RTX 4070 akan tersedia pada akhir bulan Februari mendatang dengan harga mulai dari 1.000 dollar AS. Sedangkan, untuk RTX 4080 dan RTX 4090 akan tersedia lebih awal dengan harga yang lebih tinggi yaitu 2.000 dollar AS. Meskipun harga dari RTX 40 Series cenderung lebih tinggi daripada seri sebelumnya, tetapi fitur dan kinerja yang ditawarkan sangat sepadan dengan harga yang ditawarkan. Dengan dukungan untuk ray tracing dan teknologi AI, serta kinerja yang lebih baik, RTX 40 Series menjadi pilihan yang baik bagi pengguna yang menginginkan kualitas visual yang tinggi dan kinerja yang cepat.

Tentunya, GPU RTX 40 series akan diluncurkan dalam versi PC dan juga laptop. Namun, dikarenakan air circulation yang tentunya berbeda, clock speed yang ditawarkan untuk kedua versi jelas berbeda. Meskipun demikian, Nvidia menyatakan bahwa baik RTX 40 series versi PC maupun laptop sudah lebih dari cukup untuk menjalankan game dengan keperluan grafis yang berat maupun game triple A dan sejenisnya.

Nah, jadi gimana temen-temen? Tentunya tertarik banget kan dengan produk terobosan baru dari Nvidia ini. Dengan adanya harga, maka kualitas yang ditawarkan juga tentunya pasti cocok deh sama kamu yang membutuhkan kualitas visual yang tinggi, kinerja yang cepat, hingga proses rendering yang singkat untuk berkuliah maupun bekerja. Ditambah lagi, RTX 40 series tidak akan menjadi produk limited production sehingga harga tidak akan meroket walaupun cepat habis stoknya ya teman-teman.

Daftar Pustaka:

 

  • Penulis: Rionaldo Alviansa Handoyo, Fransisca Fellicia
  • Editor: Faiz Arya Rabbani, Nicholas Nathaniel