Pentingnya OTP Bagi Keamanan Masyarakat

Seiring berkembanganya teknologi, privasi dan keamanan data merupakan hal yang wajib untuk diutamakan dalam dunia digital. Banyak upaya yang sudah dilakukan untuk memperkuat sistem sekuritas dan keamanan data masyarakat. Salah satunya adalah One-Time Password atau OTP. 

Seperti namanya, OTP adalah password yang memvalidasi upaya seseorang ketika melakukan cara untuk masuk ke sebuah akun dan hanya dapat digunakan sekali saja. Secara umum, OTP dikirim melalui SMS atau email dan diberikan dalam bentuk PIN empat hingga enam digit dan hanya berlaku untuk beberapa waktu saja. Selain OTP SMS dan email, sekarang terdapat juga OTP melalui aplikasi WhatsApp. OTP melalui WhatsApp memiliki biaya yang lebih ramah dan mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik dari OTP SMS. Akan tetapi, sistem keamanan masih memiliki celah kebobolan karena pelaku kejahatan bisa saja menyusupi malware dan mencuri data di ponsel tanpa Anda sadari melalui pesan bermuatan tautan berbahaya atau phising. OTP banyak digunakan pada email, aplikasi e-commerce, aplikasi media sosial, login akun, transaksi perbankan, dan lain-lain.

Kode OTP berguna untuk memastikan dan memvalidasi keamanan data pribadi seseorang, maka itu kerahasiaan OTP sangatlah penting. Jika kode OTP bocor, keamanan data pribadi maupun perusahaan akan terancam. Beberapa kejahatan yang dapat terjadi adalah kebocoran data, pembobolan kartu kredit, pencurian dana di rekening, dan lainnya. Ketika kode OTP diterima, lebih baik untuk segera memasukkannya sehingga meminimalisir kebocoran kode tersebut. Hal-hal  yang perlu diingat untuk menjaga keamanan data adalah untuk selalu waspada dan teliti, serta mengganti password secara berkala.

Kode OTP yang dikirimkan ke ponsel Anda tentu berguna untuk memastikan keamanan data pribadi. Kerahasiaan OTP ini amat penting karena umum digunakan pada aktivitas verifikasi perbankan. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaganya agar tidak jatuh ke tangan orang yang salah. 

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis: Marvelio Chandra
  • Editor: Fisalma Maradita dan M. Ihsan Rafi