Pentingnya UI/UX Bagi Start Up Digital di Indonesia

Perkembangan era digital di Indonesia membawa perubahan yang signifikan. Sebuah aplikasi dikatakan menarik atau tidaknya dapat dinilai mulai dari tampilan UI/UX. Desain dari UI/UX merupakan satu poin penting dalam pengembangan suatu aplikasi. Ditambah saat ini startup digital di Indonesia mulai bermunculan. Pastinya mereka akan membuat UI/UX yang menarik minat pengguna.  

User Interface(UI) merupakan desain antarmuka yang fokus pada keindahan dari sebuah tampilan dan pemilihan warna yang baik. Tujuannya untuk membuat tampilan situs lebih enak dipandang mata. UI akan diimplementasikan setelah UX selesai menentukan desain layout, logo, warna, dan typography untuk mempercantik situs yang dimiliki.

User Experience(UX) merupakan proses meningkatkan kepuasaan pengguna situs atau aplikasi tertentu melalui kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. UX mencakup keseluruhan elemen dari suatu website, memastikan website tersusun dengan baik, dan pengguna mudah berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain.

UI akan mempengaruhi kesan pertama pengguna melihat sebuah aplikasi, sedangkan UX mempengaruhi bagaimana pengalaman penggunaan saat menggunakan aplikasi. UI/UX berperan penting dalam mencapai suatu peningkatan penjualan dan menaikkan skala bisnis. Desain UI/UX dapat meningkatkan pengalaman pengguna di aplikasi dan kepuasaan pengguna secara keseluruhan. 

Beberapa komponen penting dalam desain UI/UX yaitu:

  • Information Architecture, berperan menyediakan navigasi yang mudah bagi pengguna, apapun browser yang mereka gunakan.
  • Interaction Design, mencakup berbagai elemen seperti warna, font, ikon, gambar, suara, grafis, dan lain-lain.
  • Usability, untuk mengatasi kesulitan atau kerumitan yang ada.
  • Wireframing, membuat sampel dari aplikasi untuk menguji fitur, tampilan, dan usability dari sebuah aplikasi sebelum diluncurkan ke publik.

Salah satu startup digital yang mempunyai UI/UX adalah GOJEK. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2009 ini telah mendapatkan lebih dari 50 juta pengguna. GOJEK menerapkan desain UI yang sederhana dan bertema lokal. Ikon di dalam aplikasi juga dibuat sesuai dengan fungsinya. Selain fitur GoRide, mereka juga mengembangkan fitur GoCar, Gofood, GoShop, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk menambah user experience pengguna itu sendiri. GOJEK memiliki departemen Tech dan Infrastructure yang didalamnya tidak hanya berisi developer namun juga designer untuk bersama-sama berkolaborasi menciptakan suatu produk yang tidak hanya bermanfaat namun juga dapat mengambil hati masyarakat melalui kemudahan penggunaannya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) menyelenggarakan program yang dapat memfasilitasi startup digital Indonesia. SSI dapat menjadi wadah bagi startup digital yang sudah mencapai tahap product market fit untuk mendapatkan sumber daya dan mengembangkan bisnisnya. Mereka akan memfasilitasi startup berkualitas dengan menyediakan sumber daya dan koneksi untuk mengembangkan usahanya. Program ini dibentuk untuk mendukung potensi ekonomi digital Indonesia dan demi tercapainya transformasi digital di Indonesia.

Oleh karena itu, dapat dilihat bahwa UI/UX memiliki peran penting dalam sebuah bisnis digital. Setiap founder startup digital diharapkan mampu menciptakan UI/UX yang menarik minat pengguna. Namun bukan hanya sebatas indah dilihat mata, faktor kegunaan dari aplikasi harus menjadi tujuan utama. Dengan demikian aplikasi dapat berkembang dan pengguna mendapatkan pengalaman baik selama penggunaan. 


  • Penulis: Gilbert Richard Hadinata, Snow White Putri Safa
  • Editor: Axcel Deon Davelin Syahputra