Mobile Gamer VS PC Gamer

Kedua istilah ini tentu saja sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Di kalangan Para gamers sekarang ini banyak sekali yang sering berdebat antara mana yang lebih bagus antara Mobile gamer and PC gamer. Namun menurut saya lebih baik PC Gamer daripada Mobile gamer. Dan itu dikarenakan oleh beberapa alasan berikut.

 

Layar

Jika bagi kalian Para gamer memiliki layar yang besar adalah suatu prioritas. Maka bermain di PC adalah pilihan yang lebih baik untuk kalian semua. Karena jika kita bermain mobile game maka layar yang paling besar yang dapat kita dapat adalah 5-6 inci sedangkan jika kita bermain pc game maka layar terbesar yang dapat kita dapat adalah 32-40 inci. Perbedaan yang sangat jauh bukan. Dan juga kualitas layar dari monitor pc itu sendiri itu sudah kebanyakan 4K atau 240 hz sedangkan di layar Mobile hanya dapat mencapai sebesar 60-120 hz. Cukup jauh bukan?

Kontrol dalam permainan

Dalam bermain kita para gamer tentu saja ingin kontrol yang baik dalam permainan yang sedang kita mainkan. Disinilah juga terdapat perbedaan yang signifikan. Terkadang dalam bermain permainan yang ada di mobile kita sering kali mendapatkan layar kita terlalu ataupun kurang responsif atau jika tiba tiba di layar kita ada air sedikit saja maka kontrolnya akan bergerak ke arah dimana air tersebut menyentuh layar Mobile kita .Hal-hal tersebut tentu  akan sangat menganggu kita saat bermain game. Berbeda dengan PC, saat kita bermain game pc kita memiliki 2 alat yakni Mouse and Keyboard. Dengan mouse dan keyboard kita dapat memiliki “Full Control” dari game itu sendiri karena kita menggunakan kedua tangan kita dan semua jari yang di tangan kita dengan baik terutama saat kita bermain dengan game tipe RPG yang menggunakan keyboard sebagai alat utamanya. Dan dengan mouse juga kita dapat mengatur “sensivity” dari mouse kita untuk bergerak lebih cepat maupun lebih lambat.

Baterai

Saat kita bermain tentu saja akan sangat menyebalkan jika baterai dari alat bermain kita itu Habis. Jika kalian bermain dengan PC maka tentu saja kita tidak akan mengalami kendala baterai karena PC kita selalu tersambung dengan aliran listrik. Berbeda dengan mobile dimana kita akan selalu mengalami kendala Baterai saat kita bermain. Dan juga saat saat sekarang ini banyak sekali permainan yang memakai baterai sangat banyak. Jadi sering kali kita bermain sambil mengisi daya baterai kita. Namun tentu saja hal ini sangat berbahaya dan tidak nyaman. Karena jika kita mengisi daya sambil bermain maka terdapat resiko kita akan tersengat aliran listrik dan juga kabel yang tersambung ke pengisi daya dari Mobile kita dapat sangat menganggu saat kita bermain.

Konklusi

PC gaming memiliki banyak sekali keuntungan yang dapat kita miliki di bandingkan dengan Mobile gaming karena yakni kita bisa menggunakannya setiap saat. Seperti untuk mengerjakan tugas, mengetik pekerjaan dll karena PC tidak memiliki jangka waktu baterai dan juga PC memiliki Layar yang dengan kualitas yang lebih baik dan lebih besar di banding Mobile dan juga dengan PC kita dapat memiliki kontrol yang lebih baik dalam suatu game di bandingkan dengan Mobile.

Picture Source: https://i.ytimg.com/vi/n3eHDMyIRJc/maxresdefault.jpg