Strategi platform digital “GoTo” untuk membangkitkan semangat UMKM di Indonesia

Penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia yang terjadi lebih dari 1 tahun ini memiliki dampak yang serius pada kondisi ekonomi masyarakat Indonesia. Pandemi COVID-19 membuat banyak pedagang kehilangan mata pencaharian. dalam kondisi seperti ini, pedagang kesulitan dalam melakukan penjualan sehingga membuat usaha mereka menjadi sepi pembeli dan terpaksa menutup lokasi usahanya.

Berdasarkan survei dari Bank Indonesia, terdapat adanya penurunan omset para pedagang. Bahkan, ada pedagang yang terpaksa mengalami penurunan omset hingga 50 persen. Pemerintah pun kebingungan dalam menghadapi kondisi ini yang mengakibatkan penurunan ekonomi negara.

Hadirnya GoTo yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial merupakan penyelamat UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk berjualan digital guna membantu mereka dalam melakukan penjualan serta pengurangan kegiatan yang membantu pemerintah dalam melakukan protokol kesehatan. Selama pandemi Covid-19, lebih dari 4 juta UMKM baru bergabung di Gojek, Tokopedia, dan GoTO Financial.

Indonesia merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara sehingga menjadikan Indonesia sebagai pasar terbuka secara global. Fokus gerakan #BangkitBersama yang dimulai dari daerah Solo ini didasari fakta bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Bangkitnya UMKM ini membantu negara dalam memulihkan kembali perekonomian negara Indonesia.

“Selama masa pandemi, kami melihat UMKM tidak menyerah pada keadaan dan berani go-digital. Ada lebih dari empat juta mitra baru yang bergabung di ekosistem GoTo, dan 86% diantaranya ada pengusaha baru.”

tutur William Tanuwijaya CEO dan Founder Tokopedia, dalam acara Konferensi Pers, Bangkit Bersama GoTo Dukung Pemulihan Ekonomi Indonesia, Solo (30/09).

Target yang dipasang oleh William selaku CEO Tokopedia adalah menjadikan UMKM sebagai pasar global sehingga memperluas pedagang Indonesia agar dapat bersaing dengan China dan juga Amerika yang mempunyai pasar dari bangsa mereka sendiri. Menurut William, UMKM ini dapat meningkatkan perekonomian negara cukup signifikan karena Indonesia merupakan pasar terbesar ke-2 di dunia sehingga harus bisa memanfaatkan peluang ini.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia yang juga hadir pada konferensi pers mengajak UMKM untuk menerima GoTo untuk #BangkitBersama ini dalam mendorong tumbuhnya ekonomi nasional, yang dimulai dari daerah-daerah. Di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional saat ini, sangat penting untuk meningkatkan UMKM lokal lewat solusi yang komprehensif #BangkitBersama didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Pemerintah Daerah.

GoTo membantu anak bangsa dengan sebuah gerakan bernama #BangkitBersama. Gerakan ini berguna untuk membantu para UMKM di masa pandemi ini. ada 6 aspek dalam gerakan ini yang berupa:

1. Inisiatif Hyperlocal Memaksimalkan Eksposur UMKM

Mendekatkan komunitas produk lokal dengan UMKM melalui inovasi yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara lebih efisien dan pemerataan kesempatan bagi UMKM di seluruh Indonesia. Geo-tagging merupakan proses penambahan identifikasi geografis metadata dengan berbagai media seperti foto, video, website, dan pesan SMS dengan data yang menyerupai lintang dan bujur. Geo-tagging ini sendiri juga dapat mencakup ketinggian, bantalan, jarak, akurasi data dan nama tempat.

2. Pemberdayaan UMKM Dorong Pembukaan Lapangan Kerja Indonesia

Untuk membantunya UMKM yang ada di indonesia untuk lebih berkembang, seperti halnya program edukasi tentang kewirausahaan. Program edukasi ini dapat dilihat pada aplikasi GoTo karena bersifat digital sebagai penerapan protokol kesehatan.

3. Dukung Kesehatan dan Keamanan untuk Mitra Driver (Gojek)

Dukungan kepada mitra driver diperlukan untuk mencapai kinerja mitra driver yang semakin produktif yakni dalam bekerja mengantarkan produk-produk UMKM ke konsumen indonesia. Dukungan yang diberikan kepada para mitra driver ialah dari segi kesehatan dan keamanan, yakni dengan mengurangi kontak kepada konsumen dan mengharuskan driver untuk melakukan vaksin.

4. Tingkatkan Skala Bisnis Penjual dengan TokoCabang (Tokopedia)

Tokopedia siap membantu dalam bisnis penjualan tentang operasional bisnis tentunya untuk para UMKM yang telah mendaftarkan usahanya pada TokoCabang. TokoCabang sendiri merupakan layanan penyediaan tempat (gudang) milik Tokopedia yang diperuntukan untuk seller agar dapat memperluas jangkauan bisnis penjualan mereka.

Operasional bisnis dapat berupa upaya dalam mengatur dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya mulai dari sumber daya manusia (SDM), strategi bisnis operasional marketing, peralatan (tools), biaya dan bahan untuk menghasilkan suatu produk atau layanan. Semua operasional ini dapat di bantu dengan TokoCabang.

5. Inisiatif CSR (Corporate Social Responsibility) untuk Masyarakat

Para pengguna Tokopedia yang siap membantu untuk kesejahteraan masyarakat dapat melakukan donasi melalui sarana pembayaran yang tersedia di GoTo. Seperti halnya kolaborasi BenihBaik.com dengan donatur yakni pengguna Tokopedia. Tentunya nantinya hasil dari donasi ini akan dikirimkan ke para masyarakat UMKM sehingga dengan mudah dapat menjalankan usaha bisnisnya di masa pandemi ini.

6. Dukung penanganan COVID-19 agar Kembali Beraktivitas Normal

Dukungan dari tim penanganan COVID-19 dari GoTo kepada masyarakat yang terkena virus COVID-19. Seperti halnya Inisiasi Rumah Oksigen Gotong Royong, donasi 1.000 konsentrator oksigen, dan vaksin berkeliling yang diadakan. Gerakan ini tentunya akan diwujudkan di berbagai daerah indonesia seperti Solo, Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, dan Surabaya. 

Kami mengharapkan dengan adanya bantuan dari Tokopedia yang menyediakan platform digital ini dapat membantu para pengusaha UMKM untuk tetap melakukan dan bahkan meningkatkan penjualan yang terimbas akibat COVID-19. Tak sampai disitu, bantuan ini juga diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM melebarkan sayap usahanya ke jangkauan wilayah yang lebih luas lagi (seperti luar negeri) dengan melakukan penjualan menggunakan platform digital ini sehingga dapat memperluas lagi pasar Indonesia di mata dunia. 

 

Sumber:

https://selular.id/2021/10/empat-juta-lebih-umkm-bergabung-di-ekosistem-goto-selama-pandemi/

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4611211/67-juta-pedagang-pasar-turun-pendapatan-hingga-90-persen-selama-pandemi-covid-19

https://takaitu.id/teknologi-geotagging-teknologi-macam-apasih-cek-disini-penjabaranya/

https://www.tokopedia.com/help/article/tokocabang