Chatbot Bahasa.ai: Teknologi Keren yang Penting Banget Untuk Pebisnis di Indonesia

Chatbot adalah sebuah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence), alias robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia. Chatbot berbasis AI ini memiliki tiga manfaat, antara lain memberikan pengalaman khusus yang unik bagi setiap pelanggan untuk membangun hubungan positif, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan persepsi memuaskan konsumen dan mendapatkan respon baik dari pelanggan.

Itulah mengapa istilah ini dikenal dengan sebutan “bot” yang memang merupakan singkatan dari robot internet. Bahkan, bot itu sendiri dapat menirukan percakapan manusia dalam bentuk teks maupun suara yang diaplikasikan pada website dan aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Twitter dan lain-lain.

Berdasarkan riset Facebook dan Boston Consulting Group, 91% minat masyarakat Indonesia menambah jumlah transaksi belanja atau membeli sesuatu akan semakin tinggi setelah melakukan conversational commerce atau percakapan dengan penyedia jasa dan barang terlebih dulu.

Hal tersebut membuat beberapa perusahaan di Indonesia kini mulai membutuhkan dan menerapkan teknologi chatbot berbasis AI untuk menjangkau para konsumen di Indonesia. Dan kini, Bahasa.ai hadir sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tersebut.

Solusi Chatbot ala Bahasa.ai

Hokiman Kurniawan, Co-Founder sekaligus CEO Bahasa.ai mengatakan bahwa Bahasa.ai hadir sebagai layanan chatbot AI yang memberikan bantuan terhadap para pelanggan secara real-time dan tepat waktu. Dan kini, Bahasa.ai juga menjadi satu-satunya pengembang chatbot AI di Indonesia yang melayani journey customer secara lengkap, mulai dari menarik minat pelanggan, proses pembelian, program loyalitas, hingga advokasi pelanggan.

MyRepublic, sebuah perusahaan penyedia layanan internet multinasional yang juga beroperasi di Indonesia, menggunakan layanan Bahasa.ai untuk membuat sebuah chatbot yang dapat mengenali profil pelanggan secara otomatis, mengurus pendaftaran dan tagihan, mengubah dan meng-upgrade paket, memperbaiki masalah-masalah teknis, hingga menginformasikan jika terjadi gangguan massal di area lokasi pelanggan. Solusi serupa juga telah diterapkan Bahasa.ai terhadap perusahaan-perusahaan lain yang juga bermitra dengannya, termasuk DANA, Sociolla, Smartfren, dan sebagainya.

Tidak hanya membantu dalam hal membangun percakapan dengan konsumen, Bahasa.ai juga mendukung kemudahan dalam bertransaksi. Teknologi Bahasa.ai memungkinkan chatbot terhubung dengan beragam metode pembayaran yang ada, seperti transfer bank, virtual account, OVO, dan GoPay, serta berbagai metode pengiriman seperti Tiki, JNE, GoSend, GrabExpress, dan Paxel. Inovasi tersebut membuat Bahasa.ai kini mampu menjalin kerja sama terbarunya dengan Artajasa. Kolaborasi antara kedua perusahaan ini terjalin untuk menghadirkan layanan pembayaran hingga transaksi perbankan melalui aplikasi WhatsApp.

Daftar Pustaka

Penulis: Sharen Ezfiyana
Editor: Vangelia Peace Palijama, Reinhart Previano Koentjoro