E-Sport

Edward Irwansjah Putra
2001547936

Sumber Gambar : https://www.google.co.id/search?q=e-sport&espv=2&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjNp7vgz7DTAhWIp48KHXBOAwoQ_AUIBigB&biw=1920&bih=974#imgrc=3gi0Bpkh5w4VIM

                Topik yang satu ini mungkin bukan merupakan topik yang asing lagi bagi semua orang yang mendalami ilmu di bidang komputer atau yang mengerti komputer, dan juga bagi para Gamers di dunia. Walau topik ini memang asing bagi orang yang tidak banyak menghabiskan waktunya di depan komputer atau bermain games, banyak orang yang berpendapat bahwa bermain game hanyalah untung mengisi waktu luang atau hanya untuk hiburan semata, namun seiring perkembangan zaman dan berkembangnya teknologi pada era ini, Games-pun sudah tidak menjadi hiburan semata.

Banyak orang yang memanfaatkan games pada masa di mana teknologi sedang berkembang sangat pesat ini untuk mencari mata pencaharian, karena semakin canggihnya teknologi, maka timbul berbagai pekerjaan yang di zaman dahulu tidak di anggap serius atau bahkan tidak ada, dengan hal ini banyak orang yang bahkan tidak mendapat kesempatan untuk merasakan edukasi namun dapat sukses karena memiliki niat dan passion yang sangat kuat, orang-orang ini dapat memanfaatkan berkembangnya zaman dan meraih kesukesan, contoh pekerjaan yang mereka lakukan beragam, namun salah satunya yaitu mereka bermain games dan merekamnya lalu di upload ke internet selain pekerjaan ini ada juga orang yang serius bermain games multiplayer dan lalu dapat menjadi pemain games professional.

Pemain games professional ini tidak dapat dianggap hanya sebagai orang yang iseng bermain games lalu dapat bermain menjadi professional, orang-orang yang sudah menjadi professional di bidang games ini mereka sudah menghabiskan banyak waktu dalam hidupnya untuk didedikasikan ke dalam games dan bermain di berbagai perlombaan di dunia yang sekarang mendapat sebutan E-Sport . Apakah itu E-Sport ? dari manakah hal ini berasal? .

E-Sport atau yang kepanjangannya merupakan electronic sport adalah suatu bentuk kompetisi yang difasilitasi dengan peralatan elektronik contohnya sebuah komputer, dan yang sangat umum di kompetisikan dalam E-Sport adalah video games. Hampir mirip dengan Sport biasa yang merupakan kompetisi antara manusia dengan manusia lain di bidang olahraga dan kompetisi ini memerlukan keahlian tertentu, latihan, dedikasi , dan terkadang teamwork apabila kompetisinya merupakan sebuah team. Memiliki konsep yang sama dan keperluan yang sama dalam manusia maka terciptalah E-Sport di mana manusia berkompetisi antar manusia lain namun dengan media komputer dan dalam games, karena sama halnya seperti Sport biasa, di dalam E-Sport  juga dibutuhkan keahlian,latihan,dedikasi, dan teamwork.

Pada zaman dahulu games memang tidak di anggap terlalu serius seperti yang sudah di bahas di awal artikel ini, namun Universitas Stanford berinisiatif untuk membuat games menjadi lebih menarik yaitu dengan mengadakan kompetisi, sehingga terjadilah kompetisi games pertama yang dikenal dan diakui dunia pada tahun 1972-1989, lalu pada tahun 1990-1999 online games mulai dikenali dan banyak orang yang lebih memilih online games karena mereka bisa bermain dengan orang lain tanpa harus bertemu secara langsung, dan pada tahun 2000 terjadi pertama kali turnament secara global di mana seluruh negara di dunia dapat ikut serta, dan global turnament inilah yang mengawali berbagai macam E-Sport yang kita kenal di dunia saat ini.

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : http://bleacherreport.com/articles/2569650-complete-guide-to-everything-you-need-to-know-about-e-sports-in-2015

Edward Irwansjah Putra