Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pengenalan Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari perancangan, pembuatan dan pengoperasian sistem informasi. Kita juga belajar bagaimana membuat sistem yang informasinya dapat kita sampaikan kepada pihak yang dituju. SI juga mempelajari bisnis, sehingga SI itu lebih mengarahkan bagaimana kita menerapkan teknologi ke bidang bisnis. Intinya SI itu lebih ke strategi, analisa dan rencana. Contoh, perusahaan memiliki klien, klien tersebut ingin membuat sebuah sistem/program, maka orang SI lah yang akan berhadapan dengan klien untuk mengumpulkan informasi apa saja yang diinginkan sang klien, setelah sudah diketahui dan sepakat, orang SI akan meneruskan ke orang IT untuk dibuatkan sesuai permintaan klien.

Pengertian Sistem Informasi dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut:

  1. Sistem Informasi berdasarkan elemen: Kumpulan dari komponen yang berinteraksi dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Pengertian sistem ini banyak diterima dan digunakan karena memiliki sistem yang luas, lebih mudah diaplikasikan dan dimengerti,
  2. Sistem Informasi berdasarkan prosedur: Jaringan kerja dari proses yang saling berhubungan dan berkumpul bersama-sama untuk menyelesaikan suatu kegiatan tertentu yang tepat sasaran. Pengertian sistem ini lebih menekankan pada urutan operasi dalam jaringan kerja

Bedanya IT dan SI apa?
Bedanya SI dengan IT adalah orang IT lebih ke arah teknik dan sangat mendalami pemrogramman, sedangkan SI tidak terlalu mendalami teknik tapi bukan berarti SI tidak bisa, di SI juga mempelajari pemrogramman meskipun tidak sedalam IT.

 

SISTEM INFORMASI
*kemampuan àmenekankan kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi

*Variasi Nama Jurusan/Prodi à Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Informasi, dan lain sebagainya.

*Kurikulum à Kurikulum harus ditekankan pada bagaimana memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing

*Cakupan Ilmu à -Fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi -Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.
-Mempelajari aspek penting bagaimana “informasi” diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam institusi.

 

TEKNIK INFORMATIKA
*kemampuan àmenekankan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi.

*Variasi Nama Jurusan/Prodi à Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Informatika, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, dan lain sebagainya.

*Kurikulum àKurikulumnya akan sangat kental dengan ilmu pengetahuan terkait dengan logika matematika, komputasi, dan algoritma – yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer.

*Cakupan Ilmu à Spektrumnya sangat beragam dari yang sangat teoritis dan algoritmis, hingga yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas. -Terbagi menjadi tiga bagian utama yang fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan:
a. dalam proses perancangan dan implementasi perangkat lunak.
b. dalam proses dan perancangan sistem perangkat keras serta komponennya.
c. sebagai model matematis dalam menyelesaikan permasalahan tertentu.

 

Terus kerjanya nanti ngapain?

  1. Sistem Analis, yaitu tugasnya menganalisa dan memecahkan suatu masalah dalam perusahaan, dan juga membuat sistem informasi untuk perusahaan tersebut.
  2. Programmer, di SI juga belajar pemrogramman sehingga kita bisa juga membuat sebuah program yang diinginkan klien.
  3. IT Auditor, dari namanya bisa kita lihat yaitu audit, kerjanya nanti lebih kepada menilai, memberi masukan, dan saran untuk pengelolaan IT di perusahaan tersebut.
  4. IT Consultant, membantu user untuk mengumpulkan informasi apa saja yang dibutuhkan.
  5. Entrepreneur/wirausahawan, dengan skill yang kita miliki kita bisa wirausaha contohnya bisnis online.