Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Adware

Halo semuanya! Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Adware. Yuk, mari simak bersama! 🙂

Jadi, apa itu Adware?  Adware adalah iklan produk atau penawaran layanan yang merupakan bagian dari sebuah situs atau aplikasi. Script yang ditulis pada suatu halaman web memungkinkan adware untuk berjalan sendiri (autorun applications) yang akan muncul pada saat kita surfing di suatu situs tertentu atau sedang menjalankan aplikasi. Biasanya adware sangat gampang untuk di nonaktifkan, tapi tidak dengan varian adware yang memiliki suatu teknik anti-removal dan ini biasanya sangat mengganggu.

Darimana asalnya Adware itu? – Sebagian Adware tertanam didalam aplikasi-aplikasi gratisan. Adware dan spyware sangat mudah menempel pada komputer kita, terlebih lagi apabila kita melakukan browsing internet atau memiliki sistem operasi yang punya cukup banyak celah untuk dimasuki.

Apa sih efek Adware terhadap komputer? Kita akan melihat jendela peringatan (pop-up windows) yang berisikan iklan-iklan pada saat membuka halaman situs-situs tertentu (yang memasang adware pada script-nya). Di kejadian lain, kita juga bisa terserang adware pada saat menjalankan aplikasi dari program-program yang terinstalasi di dalam komputer, misalkan kita sedang bekerja dengan program-program kantoran seperti office atau sedang menjalankan program game tertentu.

Bagaimanakah cara menanggulanginya? Ada beberapa tips yang bisa kita aplikasikan kedalam sistem operasi komputer kita atau membiasakan diri ketika membuka halaman situs-situs tertentu, diantaranya :
* Jalankan program anti-spyware dan anti-adware yang terkini (updated)
* Hidupkan opsi ‘Firewalls’ ketika melakukan browsing.
* Gunakanlah plugin security options yang telah direkomendasikan oleh browser anda.
Nah itulah sedikit tentang Adware. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! 🙂