Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester

Tidak terasa sebentar lagi ujian semester akhir genap akan dimulai. Gimana? Pasti deg-degan kan? Apalagi bagi mahasiswa-mahasiswi yang mendapatkan mata kuliah yang terasa susah. Tapi tenang saja, biasanya bulan Ramadhan ini adalah bulan penuh berkah jadi semoga saja kita mendapatkan berkah dari Tuhan dalam menghadapi ujian dan berikut adalah tips bagi kamu sebelum mengikuti ujian!

Kenali Dosenmu!

Seperti yang kita tahu, manusia semua tidak sama. Semua orang memiliki fisik dan karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu harus bisa memahami karakter dosenmu. Perhatikan bagaimana cara dosenmu dalam memberikan nilai. Apakah dosenmu sangat straight atau berbaik hati dalam memberi nilai.

Belajar Beretorika!

Menurut KBBI, retorika adalah keterampilan berbicara secara efektif. Jika kalian memiliki kemampuan retorika yang baik, hal tersebut akan membantu kalian dalam ujian yang bersifat teori seperti kasus. Karena biasanya soal yang berjenis kasus memiliki bobot nilai yang tinggi. Jadi, sebisa mungkin kalian harus memahami pelajaran kalian dan merangkainya dalam sebuah kalimat yang menarik.

Belajar Bersama!

Di dunia perkuliahan kalian memang dituntut untuk memiliki banyak teman karena teman menentukan hidup kalian di dunia perkuliahan. Menjelang ujian pasti akan banyak teman-teman kalian yang mengadakan belajar bersama. Dengan belajar Bersama kalian dapat bertukar pikiran dengan teman kalian sekaligus mencari tahu tentang pelajaran yang kalian tidak mengerti.

Nah, diatas itu adalah beberapa tips sebelum menghadapi UAS. Intinya, jangan takut menghadapi UAS. Kalian harus terus berusaha dengan belajar serta jangan lupa berdoa. Dimana ada niat, pasti ada jalan. Semengat ujian ya!

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :
http://www.hipwee.com/

Sumber Gambar :
https://www.osbornetraining.org/ 

Shiva Arficha