Dear Mahasiswa, Ini Yang Membua Kamu Wajib Mengikuti Organisasi Selama Masa Kuliahmu!

 

Sumber Gambar : http://unycommunity.com/

Manfaat bergabung dengan organisasi semasa kuliah itu banyak sekali. Supaya tidak terus-menerus berperasangka buruk, yuk lihat di bawah ini apa saja manfaatnya!

Organisasi yang ada di kampus berbeda dengan ormas-ormas yang suka berbuat onar. Di sini, skill-mu akan dilatih dan hobimu dikembangkan

Sebagai referensi, coba kamu lihat-lihat daftar organisasi yang ada di Indonesia melalui internet. Di situ kelihatan kok apa saja kegiatan organisasi yang positif. Bahkan, sebelum Sumpah Pemuda, ada banyak organisasi pemuda yang berjuang untuk kemerdekaan kita. Nah, sekarang, setelah di Indonesia ada banyak universitas, organisasi ini berkembang menjadi organisasi kampus. Isu-isu yang dibahas di masing-masing organisasi pun berbeda-beda. Biasanya, organisasi mahasiswa saat ini lebih fokus untuk mengembangkan diri, hobi, dan skill anggota-anggotanya.

Tak hanya soal politik, ada banyak organisasi yang mungkin sesuai dengan minatmu. Pilih saja yang mempunyai rekam jejak bagus dan bukan yang ribut dan cari sensasi.

Mungkin organisasi dalam bayanganmu juga hanya seputar politik saja. Pada prinsipnya, organisasi itu sarana untuk berkumpul orang-orang dengan minat dan tujuan yang sama. Jadi, ada banyak macam organisasi di sekitarmu yang punya bermacam-macam konsen. Ada yang berdasarkan profesi, minat, atau hobi. Kamu yang saat ini sedang berwirausaha, misalnya, bisa ikut organisasai pengusaha muda. Yang suka dengan lingkungan, bisa juga kok bergabung dengan organisasi yang bergerak dalam pelestartarian lingkungan.

Ikut organisasi melatihmu menjadi pemimpin. Modal penting untuk kamu di dunia kerja atau wirausaha

Dengan ikut organisasi, kamu terlatih untuk bekerja sama dengan banyak orang. Tak jarang, kamu mendapat tugas untuk memimpin suatu kegiatan. Walaupun yang kamu tangani adalah projek sederhana, kamu dituntut untuk bisa menjadi pemimpin. Jiwa kepemimpinanmu pun akan semakin terasah saat kamu berdiskusi dengan banyak kepala. Berlatih untuk menjadi pemimpin ini sangat penting. Untuk kamu yang ingin menjadi wirausaha, sifat kepemimpinan sangat diperlukan ketika kamu ingin mengambil keputusan.

Pastinya berorganisasi membuatmu punya banyak kenalan yang bisa menambah jaringan bisnis atau pekerjaan

Tentu saja dengan ikut organisasi, kamu akan bertemu banyak orang dari asal yang berbeda. Ikut organisasi besar yang punya anak cabang di berbagai kota di Indonesia pun bisa membuat kamu serasa punya saudara di berbagai kota. Untuk kamu penggiat bisnis pemula, kesempatan ini sangat mungkin kamu manfaatkan untuk memperluas jaringan usahamu. Kamu yang sedang mencari kerja juga bisa memanfaatkan jaringan yang luas ini.

Oh iya. Saat sudah kerja nanti, jangan bayangkan kamu hanya akan duduk di kantor dan mengetik di depan komputer saja. Kantor selalu punya proyek dari waktu ke waktu dan kamu akan diminta mencari orang yang cocok untuk membantu kantor melaksanakan proyek itu. Nah, orang ini bisa saja berasal dari luar kantor. Pada saat seperti inilah kamu bisa menggunakan jaringan yang sudah dirimu miliki dari masa universitas dulu. Lewat jaringan itu, kamu bisa merekomendasikan kepada kantor siapa yang mampu membantu perusahaan untuk melaksanakan proyek. Berguna sekali bukan?

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : http://www.hipwee.com/

Shiva Arficha