Everlasting Journey: Celebration of Our 24th Birthday

HIMMAT Birthday & Hobby Competition atau dikenal juga HBHC adalah event tahunan yang diadakan Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMMAT) Universitas Bina Nusantara untuk memperingati hari ulang tahun HIMMAT. Pada event ini juga diselenggarakan berbagai cabang perlombaan yang dilakukan untuk saling mempererat kebersamaan dan menyalurkan hobi. Untuk tahun 2023, tema yang diusung HBHC adalah Everlasting Journey: Celebration of Our 24th Birthday. Tema tersebut dipilih karena menggambarkan perjalanan panjang yang telah dilalui oleh anggota keluarga HIMMAT. Dengan tema ini harapannya HIMMAT dapat terus berkembang dan dapat merayakan perjalanan panjang HIMMAT selama 24 tahun ini dengan penuh kegembiraan.

HIMMAT Birthday tahun ini diselenggarakan secara luring (onsite) di ruang KFC Binus Kijang pada hari Jumat, 26 Mei 2023 pukul 13:00 – 16:10. Sekitar 32 anggota HIMMAT mengikuti acara ini; yang terdiri dari 14 panitia dan 18 peserta. Selain itu, ada juga Bapak Wikaria Gazali yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai perwakilan dosen. 

 

Acara dimulai pada pukul 13:15 dibuka dengan pembukaan dan doa. Selanjutnya, penyambutan acara dilakukan oleh Reynaldi Joely dan Jason Adriel, selaku MC pada acara tersebut. Kata sambutan diberikan oleh Ketua Panitia, Lie Reubensto, dilanjuti oleh Ketua HIMMAT, Yennifer Wilanata dan Perwakilan Dosen, Bapak Wikaria. Lalu dilanjutkan dengan sesi sharing alumni dan peniupan lilin.

Untuk mencairkan suasana, Jose Gabriel Thendito dan Christopher Parulian Marpaung membawakan ice breaking “Simon Says”. Para peserta berusaha untuk mengikuti instruksi yang dibawakan PIC dengan melakukan berbagai aktivitas dan gerakan. 

 

Setelah suasana terasa lebih nyaman, sesi Quiz pun dimulai. Pada sesi ini peserta diajak untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar pengetahuan umum, pemrograman, dan komedi. Tidak sampai disitu, ada sambung lagu yang diadakan untuk mempererat hubungan antar anggota dalam kelompok. Permainan dibawakan oleh Jose Gabriel Thendito dan Christopher Parulian Marpaung. Para kelompok mendapatkan giliran masing-masing untuk memperoleh poin dan memenangkan permainan.

Selanjutnya, diadakan break dan makan bersama. Lalu dilanjutkan dengan testimoni peserta yang dibawakan oleh Feelouis. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang, pembagian hadiah, pengumuman pemenang, dan foto bersama. Acara HIMMAT Birthday selesai pada pukul 16.10. Melalui acara HIMMAT Birthday ini, besar harapannya keluarga besar HIMMAT dapat lebih akrab dan mendapatkan pengalaman yang berkesan.

 

Pada acara Hobby Competition terdapat tiga jenis perlombaan, yaitu Badminton, Catur, dan Mobile Legends. Ketiga perlombaan tersebut diikuti oleh para mahasiswa/i dari jurusan Teknik Informatika dan Matematika Binus University. Perlombaan pertama yang diadakan adalah lomba catur yang diikuti oleh 4 orang. Perlombaan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Mei lalu secara luring (onsite). Perlombaan dilakukan sebanyak 3 ronde yaitu fase grup, semifinal, dan fInal. Para peserta antusias dan berlomba dengan sungguh-sungguh pada perlombaan ini dan suasana juga didukung dengan keseriusan peserta dalam bermain catur. Setelah melalui 3 babak didapatkan 2 orang pemenang. Juara 1 dan 2 berturut-turut yaitu Roger dan Willyanto yang berasal dari BINUSIAN 2025 dan 2026.

Di saat yang bersamaan dengan lomba catur, dilaksanakan juga perlombaan Mobile Legends secara Hybrid. Perlombaan diikuti oleh 3 tim yang berkompetisi. Perlombaan dilakukan sebanyak 2 ronde yaitu babak penyisihan dan fInal. Para peserta sangat antusias dan kompetitif dengan perlombaan ini dan suasana juga sangat mendukung untuk meriah. Kedua hal ini yang membuat acara semakin seru ditambah para pemain tidak ada yang mau kalah. Setelah melalui 2 babak didapatkan 1 tim pemenang yang beranggotakan Alexander, Feelouis, Reynaldi, Nicholas, dan Darren yang berasal dari BINUSIAN 2025.

Perlombaan selanjutnya adalah lomba badminton yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei lalu di Lapangan bulutangkis Patra. Perlombaan ini diikuti oleh 4 tim ganda campuran. Perlombaan dilakukan sebanyak 4 ronde, yaitu 2 babak penyisihan, semifinal, dan fInal. Para peserta aktif dan kompetitif. Suasana juga didukung dengan keseriusan dan sportifitas peserta dalam bermain. Setelah melalui 4 babak didapatkan 1 tim pemenang yang beranggotakan Alexander dan Yennifer yang berasal dari BINUSIAN 2025. Tiap perlombaan kemudian ditutup dengan pengumuman dan foto bersama antara para panitia dan peserta. Melalui lomba ini diharapkan mahasiswa-mahasiswi Teknik informatika dan matematika BINUS University bisa lebih akrab satu sama lain serta dapat melakukan kompetisi yang sehat juga menyenangkan.

Gaizkia Adeline Atmaka