Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 2024 (ONMIPA-PT)

ONMIPA-PT merupakan kegiatan ajang talenta jenjang perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa pada bidang sains. Adapun empat bidang lomba yang diselenggarakan yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Terdapat tiga tahapan seleksi  yaitu Tahap I (Tingkat Perguruan Tinggi), Tahap II (Tingkat Wilayah), Tahap III (Nasional). 

Untuk selengkapnya, berikut adalah pedoman ONMIPA PT 2024: https://bit.ly/PEDOMANONMIPAPT2024   

Pada tanggal 22 Maret 2024, Universitas Bina Nusantara telah melaksanakan seleksi secara internal (Tingkat Perguruan Tinggi) yang diadakan secara onsite di kampus Binus Anggrek dan Binus Malang. Terdapat sebanyak 10 orang dari jurusan ganda Teknik Informatika dan Matematika yang terdiri dari Binusian Angkatan 2025 (B25), Binusian Angkatan 2026 (B26), dan Binusian Angkatan 2027 (B27) dalam mengikuti seleksi tingkat perguruan tinggi pada bidang Matematika. Hasil seleksi telah diumumkan oleh Panitia Seleksi ONMIPA-PT 2024 tingkat perguruan tinggi BINUS pada Sabtu (23/3/2024). Kemudian, peserta terpilih akan melanjutkan pada tahap berikutnya yakni seleksi tingkat wilayah yang akan diadakan secara daring pada 23-26 April 2024.  Pada tahap ini, peserta nantinya akan dikelompokkan ke dalam 16 (enam belas) wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) atau regional. 

Sebagai bentuk dukungan kepada para peserta, adapun jadwal pelatihan yang akan diberikan untuk  mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi seleksi tahap selanjutnya. Jadwal pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Maret hingga April. Selain itu, jadwal pelatihan ini diberikan dengan tujuan agar peserta terpilih dapat lebih percaya diri dalam menghadapi dan mengerjakan soal pada seleksi tingkat wilayah. Pengumuman seleksi tingkat wilayah ini nantinya dapat diakses melalui Website Pusat Prestasi Nasional Balai Pengembangan Talenta pada 3 April 2024. 

Berikut daftar peserta lolos seleksi ONMIPA Tingkat Universitas 2024:

  1. Glenn Putra Laymando (B27)
  2. Johansen Tan (B27)
  3. Jason Adriel (B25)
  4. Albert Gabriel Tuwan (B25)
  5. Richie Darylson Tandiono (B26)

Kami, keluarga Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Bina Nusantara (HIMMAT) tak lupa memberikan semangat, dukungan, serta doa terbaik kepada seluruh peserta ONMIPA PT 2024. 

HIMMAT Binus University, 

#InMathWeUnite

#berprestasimembangunkolaborasi

#MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Menginspirasi

#berprestasibersamaONMIPA

Manisha Arie Paramartha