Japanese Onsen

Onsen adalah pemandian air panas tradisional yang ada di Jepang. Kalau kalian suka nonton anime, pasti kalian tahu seperti apa onsen itu. Di onsen terdapat berbagai aturan seperti harus mengikat rambut sebelum masuk kedalam kolam atau harus mandi terlebih dahulu sehingga tidak ada sabun yang masuk kedalam air. Namun, ada beberapa fakta unik lainnya mengenai onsen yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Yuk simak fakta-fakta tersebut:

  1. Onsengai

Onsen bukan hanya satu tempat spa, melainkan satu area atau kota yang biasa disebut onsengai. Di onsengai kita dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya selain berendam di air panas. Contoh kota onsengai yang terkenal adalah Kanto area, Hakone, Kusatsu, Ikaho, dan Kinugawa. Onsengai memiliki beberapa onsen, onsen ryokan atau onsen prifat, dan toko-toko suvenir. Jadi ketika kalian berjalan-jalan ke onsengai kalian bisa menetap di hotel yang nyaman dan mandi di onsen berulang-ulang kali. Menu tradisional Jepang dalam bentuk sarapan dan makan malam juga disediakan. Onsengai juga dikelilingi oleh alam yang indah sehingga kalian dapat menikmati pemandangan dengan udara yang segar.

  1. Okumiyu

Ieyasu Tokugawa, Shogun pertama periode Edo, sangat bergairah kepada onsen dan bertanggung jawab keapda munculnya adat unik bernama okumiyu atau memindahkan air onsen. Shogun itu berhutang cintanya kepada onsen untuk tinggal di kota spa Atami. Selama tujuh hari, ia menikmati manfaat relaksasi dan khasiat dari air onsen tersebut. Suatu waktu kemudian, ia mendengar kabar tentang daimyo nya, Hiroire Kikawa, yang sedang sakit. Ia pun mengumpulakn beberapa tong air onsen untuk dikirimkan ke Kyoto dari Atami, untuk menyembuhkan penyakit sang daimyo. Pengangkutan air inilah contoh pertama dari okumiyu.

Adat ini kemudian menjadi resmi, Shogun keempat Tokugawa Ietsuna secara rutin menyuruh salah satu mentri nya yang khusus menjalankan tugas ini, untuk mengirimkan beberapa tong air setiap harinya. Okumiyu berlanjut hingga 1805, meskipun dalam beberapa dekade terakhir transportasi jalan raya digantikan oleh laut. Adat ini, mirip dengan layanan pengiriman air panas ke rumah, membawa ribuan tong air dari Onami, Hakone dan Kusatsu Onsen ke Edo.

  1. Yu-momi

Yu-momi adalah kebiasaan yang dilakukan di Onsen Kusatsu dalam metode tertentu untuk mendinginkan air panas. Air Onsen Kusatsu diketahui sangat panas ketika baru meninggalkan mata air, sehingga air didinginkan terlebih dahulu demi kenyamanan dan keamanan. Yu-momi dilakukan dengan cara mengaduk air di dalam kolam dengan papan sepanjang 1.8 m dan selebar 30 cm, dan biasa dilakukan sambil menyanyikan lagu tradisional sehingga gerakan kompak dan senada. Setelah diaduk selama beberapa waktu, temperatur air turun dari 90 derajat celsius hingga 40 sampai 50 derajat celsius. Tapi karena adat ini sungguh melelahkan, air hanya akan turun beberapa derajat saja setelah di aduk oleh 10 orang selama 30 menit. Tetapi positif nya, metode ini sangat bermanfaat bagi kulit. Hal ini terjadi karena tidak ada penambahan air dingin yang dapat mengurangi kadar asam yang terdapat pada air, walaupun dapat menghemat waktu.

  1. Masakan Onsen

Restoran dan kafe di onsengai menawarkan beberapa menu yang khas, karena banyak dari menu tersebut yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus dengan air dari onsen. Seperti onsen tamago atau telur onsen, direbus selama 30-40 menit dengan 70 derajat celsius yang menciptakan tekstur yang unik. Putih telurnya matang namun masih cair sedangkan kuning telurnya kencang. Onsen tamago kemudian disajikan di dalam cangkir kecil dengan kecap asin. Makanan manis juga ada, seperti onsen manju dengan sebutan lain yunohana manju. Onsen manju merupakan roti berisi anko atau kacang merah yang dikukus dengan air onsen. Tidak seperti manju pada umumnya, onsen manju memiliki warna yang lebih coklat dan kulit yang lebih lembut dan lebih tipis.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik tentang onsen atau pemandian air panas yang ada Jepang. Sekarang kalian tahu ketika ke Jepang dan ingin mengunjungi onsen, kegiatan apa saja yang bisa dan harus dilakukan. Sekian dari kami, stay safe teman-teman.

 

Nama   :Dema

NIM    : 2302925752