Uchiwa, Kipas Cantik dari Jepang.

Kipas termasuk benda yang sangat familiar di tengah masyarakat. Sejak dulu orang sudah menggunakan benda tersebut untuk mengusir rasa panas. Kipas pertama kali ditemukan di China pada abad ke-3 sebelum Masehi. Setelah itu kipas mulai dikenal di negara lainnya, seperti Mesir dan Jepang(sekitar abad 6-7 Masehi). Salah satu jenis kipas yang berasal dari Jepang adalah uchiwa.

Uchiwa, adalah salah satu kipas tradisional ala Jepang yang terbuat dari daun yang lebar serta rambut atau bulu hewan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, bahan untuk membuat uchiwa dapat terbuat dari kertas yang disebut “washi”. Banyak corak dan motif uchiwa. Dahulu Uchiwa sering menjadi kanvas lukisan sehingga sangat indah.

Nama uchiwa sendiri diambil karena bentuknya yang pipih dan bulat. Ketika pertama kali dikenal, uchiwa digunakan oleh orang Jepang sebagai alat untuk mengusir roh jahat, juga untuk menghindari sinar matahari dan debu. Selain itu, kipas ini juga digunakan dalam berbagai acara formal seperti festival. Tradisi yang saat ini bahkan berlangsung hingga sekarang, terlihat dari banyaknya orang yang berpakaian kimono membawa uchiwa dalam berbagai festival. Salah satunya adalah saat festival musim panas. Karena musim panas di Jepang sangat panas dan lembab, banyak orang yang menggunakan uchiwa untuk menyejukkan diri.

Uchiwa dibuat secara manual alias menggunakan tangan. Tahap pertama yaitu pemilihan bambu yang akan digunakan sebagai kerangka kipas. Biasanya bambu yang digunakan adalah bambu yang diameternya sebesar kelingking orang dewasa. Setelah itu bambu tersebut dipotong dan dibelah tipis untuk membuat kerangkanya. Dua lembar kertas (washi) ditempelkan pada kerangka kipas.

Di negara yang termasuk daerah tropis, mungkin kipas akan lebih banyak digunakan pada saat musim kemarau. Namun di Jepang, uchiwa dapat digunakan di segala jenis musim. Uchiwa memang paling sering dipakai untuk mengipas pada saat musim panas, tapi orang Jepang bisa mengakalinya sebagai kipas untuk memasak nasi di musim gugur atau untuk digunakan dalam pertandingan sumo lokal. Bagaimana dengan musim dingin? Uchiwa tetap bisa dipakai untuk mengipas tunggu perapian agar tetap menyala. Sedangkan pada musim semi, kipas pipih tersebut dipakai saat perayaan festival atau sebagai hadiah.

 

http://www.japansuteki.com/istilah-istilah-dalam-matsuri/

http://lhyray.blogspot.com/2014/08/uchiwa-kipas-tradisional-jepang.html

http://visuabillityme.blogspot.com/2011/03/uchiwa.html

 

Nama : Fardha Nurul Aidilla

NIM : 2101709345