Saitou Hajime, Kapten Shinsengumi Powerful di Era Edo Akhir

Mina-san yang bermain game Fate/Grand Order pasti tahu siapa sosok shinsengumi yang satu ini, yakni Saitou Hajime. Saitou Hajime merupakan seorang samurai di periode Edo akhir. Ia lahir pada 18 Februari 1844 dan terkenal menjabat sebagai kapten unit ketiga Shinsengumi. Nama aslinya ialah Yamaguchi Hajime, dan ia dikenal sebagai orang yang introvert dan misterius. 

Saitou sendiri meninggalkan Edo pada tahun 1862 karena tidak sengaja membunuh seorang hatamoto. Ia menetap di Kyoto dan mengajar di sebuah dojo, dan gaya mengayunkan pedangnya Saitou ini tidak jelas, namun menurut keturunannya, gaya yang ia pakai ialah gaya Mugai Ryu

Saitou bersama dengan Okita Souji dan Todo Heisuke merupakan anggota Shinsengumi yang termuda pada kelompok Kondo Isami dan ketiganya sangat berbakat. Bahkan posisi asli Saitou sendiri ialah asisten wakil komandan. Saitou banyak terlibat di insiden seperti Ikedaya Inn Incident, sampai Pertempuran Kastil Utsunomiya.

Saitou pun mengganti namanya menjadi Fujita Goro dan ke Tonami, wilayah baru klan Matsudaira di Aizu. Ia bertemu Shinoda Yaso, putri seorang punggawa Aizu dan akhirnya menikah dengannya. Di tahun 1874, Saitou menikah lagi dengan Takagi Tokio, putri Takagi Tojuro.

Selama hidupnya, Saitou giat membagikan pengalamannya ke beberapa orang terpilih seperti penduduk asli Aizu yakni Yamakawa Kenjiro dan Takamine Hideo. Selama periode Meiji juga ialah satu satunya orang yang diperbolehkan membawa katana meskipun pemerintahan Tokugawa runtuh. 

Saito juga bekerja di Universitas Ochanomizu di tahun-tahun berikutnya, serta di Sekolah Normal Tinggi Tokyo dan Museum Pendidikan Tokyo. Di tahun 1915 pada usianya yang ke 72, Saito meninggal dunia duduk di seiza di ruang tamunya yang diyakini karena kebiasaan minumnya yang terus membuatnya maag. Karena kehebatan Saitou inilah banyak sekali game maupun anime yang menampilkan karakter Hajime seperti dari Fate/Grand Order ataupun Hakuoki.

Seru juga ya mengetahui perjalanan Saitou Hajime! Next, kita bahas siapa lagi ya, mina-san?

 

Penulis: Geraldine Nicole