Mengenal Perayaan Kodomo no Hi ・子供の日


Sama seperti di Indonesia, negara Jepang juga memiliki hari yang diperuntukan untuk anak-anak, yaitu Kodomo no Hi (子供の日). Masih di dalam masa Golden Week yang jatuh pada tanggal 5 Mei. Kodomo no Hi termasuk hari yang cukup terkenal di Jepang karena identik dengan hiasan berbentuk ikan koi. Penasaran seperti apa Kodomo no Hi? Ingin tahu arti hiasan ikan koi yang banyak dikenal itu?

Kodomo no Hi dikenal dengan nama Tango no Sekku pada zaman Nara, merupakan hari dimana masyarakat Jepang merayakan ketekunan, kekuatan, dan kesejahteraan anak laki-laki. Biasanya setiap keluarga yang memiliki anak laki-laki akan memasang hiasan berbentuk ikan koi yang disebut koi no bori, hiasan yang dipasang pada tiang ini biasanya terdiri dari tiga buat layangan ikan koi dengan warna dan ukuran berbeda. Ikan koi yang paling besar dan berwarna hitam diartikan sebagai ayah dan dipasang paling atas, lalu dibawahnya diikuti ikan koi berwarna merah yang diartikan sebagai ibu dan ukuran ikan koinya lebih kecil posisinya diletakan di bawah koi berwarna hitam, lalu yang terakhir adalah hiasan ikan koi bewarna biru dan ukurannya lebih kecil yang bermakna anak laki-laki pertama, ikan koi tambahan diletakkan setelahnya dengan warna dan ukuran disesuaikan dengan urutan anak laki-laki dalam keluarga tersebut. Ikan koi ini diambil dari cerita yang berasal dari Cina yang menceritakan tentang ikan koi yang berenang di air terjun dan berubah menjadi naga, menggambarkan ketekunan anak laki-laki dan doa untuk kesuksesannya. Selain koi no bori mereka juga memasang boneka kintaro nigyo anak laki-laki yang menunggangi ikan koi dan hiasan samurai sebagai gambaran kesehatan dan vitalitas anak mereka.

Tango no Sekku berubah menjadi Kodomo no Hi setelah perang konstitusi yang berefek pada tahun 1948 dan mengikutsertakan anak perempuan dalam perayaannya. Perayaan untuk anak perempuan dikenal dengan sebutan hinamatsuri yang dirayakan pada tanggak 3 Maret dan bukan termasuk hari libur nasional. Makanan yang terkenal untuk Kodomo no Hi adalah kashiwa mochi, bola mochi yang dibungkus dengan daun ek. Pohon ek adalah simbol kemakmuran dan keberuntungan bagi anak, cucu dan teman mereka.

Serukan mina-san? Kalau ingin melihat koi no bori, coba saja datang ke Jepang saat Kodomo no Hi sedang dilaksanakan.