Seminar Nasional FKMHII Korwill II 2023

Jakarta – Pada Sabtu, 15 Juli 2023 telah dilaksanakan  Seminar Nasional FKMHII Korwil II 2023 secara daring melalui Zoom Meeting dengan kerja sama antar ketiga Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional di Koordinasi Wilayah II yakni HIMHI Universitas Binus, HIMHI Universitas Indonesia, dan  LSPR Youth Diplomacy Community. Diisi dengan pembicara ahli dan berpengalaman dalam bidangnya yakni H.E. Derry Aman selaku Perwakilan Tetap Republik Indonesia untuk ASEAN sebagai Keynote Speaker, Raihan Zahirah Mauludy Ridwan, S. Hub. Int selaku Perwakilan Pemuda Indonesia dalam KTT ASEAN ke-42 sebagai Speaker, dan Galuh Dian Pramadewi, S.IP., M.A selaku Dosen HI Binus University sebagai Moderator.

Seminar Nasional FKMHII Korwill II 2023 kembali hadir menjadi wadah baik untuk masyarakat HI Binus, mahasiswa dari jurusan lain, dan masyarakat umum untuk mendapatkan wawasan baru dan bertukar pendapat tentang masalah yang dibahas. Seminar Nasional merupakan sebuah program kerja di bawah naungan Forum Komunikasi Mahasiswa Se-Indonesia (FKMHII) Wilayah Koordinasi 2 2022–2023 yang berfokus pada penyelenggaraan seminar dan diskusi terkait isu-isu hubungan internasional kontemporer.

Seminar Nasional tahun ini mengangkat tema “Kepemimpinan ASEAN 2023: Diplomasi Publik sebagai Wadah Pemuda Indonesia dalam Mewujudkan ASEAN Vision 2025” yang berlandaskan pada kepemimpinan Indonesia dalam presidensi ASEAN 2023. Tema ini diangkat dengan urgensi bahwa para pemuda Indonesia sebagai generasi masa depan bangsa dan salah satu aktor penting dalam mencapai ASEAN Vision 2025 harus diperhatikan dan dipersiapkan lebih dalam lagi mengingat kesadaran dan rasa memiliki mereka terhadap ASEAN sudah cukup baik. Sehingga dapat memperkenalkan para peserta pemahaman baru dan meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kegiatan diplomasi publik yang dapat dilakukan oleh pemuda di Indonesia khususnya melalui ekonomi kreatif dan penyebaran budaya sebagai upaya mewujudkan ASEAN Vision 2025.

Seminar Nasional diawali dengan kata sambutan oleh Abhyasa Khairullah Baharson selaku Ketua Pelaksana Seminar Nasional 2023, Sthefanny selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Binus University, Anastasia A Widyautami selaku Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Indonesia, Perwakilan dari  LSPR Youth Diplomacy, dan Farhan Fauzan selaku Presidium Nasional FKMHII KORWIL 2. Dilanjutkan dengan keynote speech yang disampaikan oleh H.E. Derry Aman selaku Keynote Speaker serta pemaparan materi utama dan sesi Q&A dari Raihan Zahirah Mauludy Ridwan, S. Hub. Int selaku Speaker dimoderasi oleh Galuh Dian Pramadewi, S.IP., M.A selaku moderator. Diakhiri dengan penyerahan plakat dan sertifikat kepada pembicara dan moderator dari Panitia sebagai bentuk Token of Appreciation. Acara ini ditutup dengan sesi dokumentasi oleh seluruh peserta dipandu oleh Andini Alifah selaku MC.

Ketua Pelaksana Seminar Nasional 2023 – Abhyasa Khairullah Baharson
Ketua Himpunan Hubungan Internasional Binus University – Sthefanny
Presidium Nasional FKMHII KORWIL 2 – Farhan Fauzan
Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional UI – Anastasia A Widyautami
Perwakilan dari LSPR Youth Diplomacy
MC – Andini Alifah
Dokumnetasi bersama para peserta Seminar Nasional FKMHII 2023 melalui zoom

Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam mengadakan Seminar Nasional ini, dan telah memberikan hasil yang terbaik serta mengharumkan nama HI BINUS University. 

Nadia Prilly Br Surbakti