Lima Juta Keluarga di Inggris Menghadapi Peningkatan Hipotek Hingga Sebesar £5.100 per Tahun pada Akhir 2024

(source: The Economic Times)

Pendahuluan

Diperkirakan lebih dari lima juta keluarga di Inggris harus mengalami pembayaran hipotek tahunan yang semakin menjulang dengan rata-rata £5.100 pada rentang waktu Oktober 2022 hingga akhir tahun 2024. Peningkatan tersebut turut mengakibatkan kenaikan hipotek sebesar £26 miliar untuk pemilik tempat tinggal. Berdasarkan analisis dari organisasi think tank bernama The Resolution Foundation,  hampir seperlima keluarga di Inggris akan menghabiskan lebih banyak biaya untuk rumah mereka per akhir tahun 2024. The Resolution Foundation juga menambahkan bahwa kenaikan harga rata-rata tersebut ditimbulkan karena adanya ekspektasi bahwa suku bunga akan naik lebih cepat daripada yang diperkirakan sebelumnya lantaran oleh aturan pemerintah yang membawa bencana (Boneham, 2022).

 

Mengapa Inggris Mengalami Peningkatan Hipotek?

Standar kehidupan dengan suku bunga yang kian meningkat semakin mencekik masyarakat Inggris seiring naiknya harga tempat tinggal. Kenaikan suku bunga ini diinisiasikan oleh Bank of England sebagai wujud usaha menyejahterakan nasabah. Dari persentase sebesar 0,25% pada awal tahun 2022, Bank of England ingin terus mendorong suku bunga hingga 5% pada awal tahun 2023 nanti. Namun, pemandangan baru ini justru menjadi bencana tersendiri bagi para pemilik rumah. Para ahli memprediksi adanya peningkatan kasus penyitaan serta berakhirnya ledakan pasar perumahan selama 13 tahun di Inggris pada tahun 2023 nanti dikarenakan para pemilik rumah kesulitan untuk membayar hipotek. Setelah berada pada angka 2% selama beberapa tahun, tingkat hipotek kini akhirnya melonjak. The Resolution Foundation kemudian juga menyatakan bahwa pembayaran hipotek akan meningkat antara sekarang dan akhir tahun ini bagi 1,7 juta keluarga. Mereka juga mengungkap bahwa lebih dari 400.000 keluarga harus mulai membayar lebih pada awal 2023 (Boneham, 2022).

(source: NationalWorld)

 

Namun, seperti halnya kenaikan suku bunga Bank of England, volatilitas mata uang poundsterling dan ketidakpastian pasar yang didorong oleh ketidakstabilan politik yang terjadi akhir-akhir ini turut menjadi pemicu peningkatan hipotek di Inggris. Dalam beberapa minggu terakhir, bank pelopor pemberi pinjaman termasuk NatWest, Barclays, Halifax, dan Virgin Money telah menarik banyak penawaran dan kesepakatan dengan pelanggan untuk dijual kembali dengan harga yang cenderung tinggi (Howard & Pratt, 2022). 

Kesimpulan

Kenaikan tagihan hipotek ini kemudian akan bervariasi tergantung dengan lokasi rumah dari masing-masing keluarga. Keluarga yang menetap di daerah London akan mengalami kenaikan tagihan hipotek terbesar jika dibandingkan dengan wilayah lain. Kemudian, keluarga yang berada di London dampaknya akan lebih terkonsentrasi jika dibandingkan dengan daerah lain karena hanya 19% dari keluarga yang menetap di London yang memiliki hipotek.

Keluarga yang memiliki penghasilan rendah dan memiliki hipotek akan menghadapi peningkatan terbesar. Sehingga, pada awal 2025, tiap keluarga dengan hipotek akan mengalami peningkatan tagihan sekitar 5% lebih banyak dari penghasilan rumah tangganya. Kemudian diketahui juga bahwa dua juta keluarga akan membayar tambahan hingga 10% dari pendapatannya (Boneham, 2022).

Author: Tim Economy IRB News

Editor: Maryam Cintanya Audi, Hafsyah Azzahra, Jennifer Clara Aprilia, Viranty Yulia Putri

Referensi

Boneham, I. (2022, October 17). UK mortgage rates: five million households to see yearly mortgage rise by £5,100 by end of 2024, experts warn. NationalWorld. Retrieved October 23, 2022, from https://www.nationalworld.com/money/households-yearly-mortgage-bills-2024-experts-warn-3882003n 

Howard, L., & Pratt, K. (2022, August 15). What’s The Latest With UK Mortgage Rates? – Forbes Advisor UK. Forbes. Retrieved October 23, 2022, from https://www.forbes.com/uk/advisor/mortgages/mortgage-rates-21-10-22/ 

Wood, Z. (2022, October 15). Five million UK families ‘face mortgage rising by £5,100 a 

year by end of 2024.’ The Guardian. Retrieved October 24, 2022, from https://www.theguardian.com/money/2022/oct/15/uk-families-mortgage-rising-resolution-foundation

IRB News - Economy