Debat Terakhir Calon Presiden Amerika Akan Dilengkapi Dengan Fitur “Mute Microphone”

Debat Calon Presiden Amerika Serikat pada tanggal 22 Oktober nanti akan dilengkapi dengan Fitur mute microphone. Pengadaan fitur tersebut dimaksudkan untuk menghindari interupsi tidak terduga seperti yang telah merusak debat pertama Trump dengan Biden. Penyelenggara debat menyatakan bahwa mereka akan mematikan audio setiap kandidat sementara saingannya berbicara.

Aturan debat tetap sama dengan debat sebelumnya; setiap kandidat akan diberikan kesempatan berbicara selama dua menit untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh moderator. Namun Komisi Debat Kepresidenan mengatakan bahwa mereka akan mematikan audio setiap kandidat yang sedang belum memiliki kesempatan berbicara.

Setelah kedua kandidat memberikan jawaban pembukaan dua menitnya, Trump dan Biden akan diberikan kesempatan untuk melakukan debat yang berdurasi lima belas menit. Pada sesi perdebatan tersebut, kedua mikrofon kandidat akan dihidupkan.

Dalam debat nanti, moderator, Kristen Walker, tidak akan mengontrol mikrofon kandidat. Yang akan bertugas untuk mengontrol tombol aktif dan non-aktif mikrofon kandidat adalah kru produksi komisi penyelenggara.

Pada Debat Calon Presiden sebelumnya, Trump melakukan interupsi tanpa henti terhadap Joe Biden dan moderator. Interupsi Trump tersebut ditanggapi dengan ejekan oleh Biden. Kemudian Trump mundur dari debat kedua yang dijadwalkan pada hari Kamis lalu karena keberatan dengan format debat virtual. Ia merasa dengan dalam debat virtual, penyelenggara akan dengan mudah mematikan suara kandidat kapan pun mereka mau. Karena adanya masalah-masalah tersebut, dibentuklah fitur “mute microphone” ini.

Seorang profesor jurnalisme dari Northeastern University, Alan Schroeder, berpendapat bahwa adanya fitur tersebut tidak menjamin kelancaran jalannya debat. Yang sebenarnya menjamin adalah kandidat harus sepakat akan satu premis dasar, ‘saya mendengar saat anda berbicara, anda mendengar saat saya berbicara’.

 

Referensi: Grynbaum, M. (2020). Trump and Biden Will Be Muted for Parts of Their Next Debate. Retrieved 21 October 2020, from https://www.nytimes.com/2020/10/19/us/politics/trump-biden-muted-debate.html

Patricia Agatha