Surga Bawah Laut di Sulawesi Utara

Indonesia dikenal dengan keanekaragaman budaya yang berlimpah, yang datang dari seluruh pelosok negeri. Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat melekat dengan kekayaan dan keindahan alam bawah laut serta kekayaan sumber daya alamnya. Pesona alam laut Indonesia berhasil menarik hati masyarakat Indonesia maupun internasional. Di Indonesia, terdapat banyak sekali destinasi wisata dengan keindahan bawah lautnya, dan salah satu surga bawah laut yang ada terletak di Manado, Sulawesi Utara, yang dikenal dengan Taman Nasional Bunaken.

Ditemukan pertama kali pada tahun 1975, yang kemudian dijadikan taman nasional pada tahun 1991, dan tahun 2005 masuk sebagai salah satu warisan dunia oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization atau UNESCO. Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang dimiliki oleh Indonesia, yang dilanjutkan juga dengan beberapa diantaranya yaitu Taman Nasional Wakatobi, Raja Ampat, Kepulauan Derawan, dan Taman Wisata Laut Banda. Beberapa tempat wisata tersebut tersebar merata di Indonesia.

Taman Nasional Bunaken memiliki luas pulau sebesar 8000 hektar dan dipenuhi dengan pasir putih. Dengan kedalaman hingga 1.344 meter, keanekaragaman flora dan fauna, birunya air laut, berbagai jenis ikan dan terumbu karang berhasil menjadi salah satu destinasi favorit dari berbagai wisatawan internasional saat menginjakkan kaki di Indonesia. Para wisatawan tidak hanya dapat menikmati pemandangan yang diberikan, melainkan juga dapat melakukan aktivitas diving dan snorkeling.

 

Dengan adanya Taman Nasional Bunaken ini yang menjadi tempat wisata favorit dari Indonesia, secara eksplisit akan menaikan nama Indonesia di kancah Internasional. Tidak hanya itu, ditambah dengan ketertarikan wisatawan internasional yang tinggi, industri pariwisata dan statistik ekonomi akan menunjukan angin segar bagi Indonesia. Sinergitas kerjasama antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam menunjang pariwisata ini, secara implisit akan memperluas spektrum kerjasama Indonesia     dengan negara lain.

 

Referensi:

Muththalib, A. (n.d.). Celebes. Retrieved from Taman Nasional Bunaken, Wisata Alam Bawah Laut Menakjubkan di Manado: https://www.celebes.co/taman-laut-bunaken

Lestari, E. D. (n.d.). Pulau Bunaken, Keindahan Dunia Alam Bawah Laut yang Mendunia. Retrieved from Indonesia Kaya: https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/pulau-bunaken-keindahan-dunia-alam-bawah-laut-yang-mendunia/