Tekanan Dari Rusia Semakin Intens, Ukraina Tetap Bertahan

Sumber: CNN

Pasukan Ukraina yang berada di Mykolaiv (barat) dan Mariupol (timur) melakukan perlawanan kuat yang memperlambat perkembangan Rusia. Kerusakan yang dialami oleh Mariupol merupakan yang terparah oleh serangan bom yang dijatuhkan oleh Rusia, merebut Mariupol merupakan tanda ‘simbolis’ kemenangan Rusia. Apabila Rusia berhasil merebut Mariupol maka kemungkinan besar akan membangun jembatan yang menghubung antara Rusia ke Krimea. 

Peluang ekonomi menjadi pertimbangan untuk merebut Mariupol karena Rusia akan memegang kendali sekitar 80% di pantai Laut Hitam Ukraina yang merupakan kunci perdagangan maritim Ukraina (BBC, 2022). Dilansir dari BBC Indonesia, pejabat di Ukraina bersaksi bahwa pasukan Rusia melakukan serangan tiada henti di Azovstal Mariupol, militer Rusia memberikan waktu kepada warga dan pasukan Ukraina yang berada di Mariupol untuk segera menyerah dengan tenggat waktu yang diberikan. 

Rusia telah meningkatkan intensitas serangan timurnya. Akan tetapi, serangan tersebut telah berulang kali digagalkan oleh pasukan Ukraina. Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan hal tersebut ketika pemerintah barat berjanji untuk mengirim lebih banyak artileri namun tenggat waktu yang untuk menyerah di Mariupol semakin dekat. 

Kementerian Pertahanan Inggris juga menambahkan bahwa penembakan dan serangan meningkat di atas garis kendali di Donbas tetapi pasukan Rusia terus terhambat oleh masalah logistik dan teknologi. Ia juga mencatat “ketidakmampuan untuk membasmi perlawanan” di Mariupol sebagai tanda kegagalan Moskow. 

Juru bicara militer Ukraina untuk Staf Umum Angkatan Bersenjata Oleksandr Shtupun juga mengatakan bahwa serangkaian senjata militer yang berjumlah 1 tank, 10 unit lapis baja dan 2 kendaraan, 1 sistem artileri, 2 unit teknik khusus, sistem rudal anti-pesawat dan gudang amunisi musuh telah dihancurkan di 24 jam terakhir (WION, 2022).

Menurut Liudmyla Denisova yang merupakan anggota Ombudsman HAM, terdapat ribuan masyarakat yang terdiri oleh sebagian besar anak-anak tengah berlindung di dalam ruang bawah tanah pabrik. Sebagai Presiden Rusia, Vladimir Putin memerintahkan pasukannya untuk membatalkan penyerangan di Azovstal Mariupol. 

Menurut Putin keputusan itu dilakukan karena lokasi tersebut merupakan tempat persembunyian untuk 2.000 pasukan dan milisi milik Ukraina. Namun, militer Rusia diberikan perintah untuk melakukan pengepungan di sekitar pabrik tersebut. Sekali lagi, Putin memberikan peringatan kepada Ukraina untuk segera menurunkan perlawanan mereka. 

Imbalan yang dijanjikan oleh militer Rusia adalah memberikan kesempatan yang adil. Dengan imbalan yang berani untuk menyerah dijanjikan perlakuan yang adil. 

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky telah berjanji bahwa pasukannya di Mariupol akan berjuang sampai akhir dan mengabaikan ultimatum menyerah dari Moskow, tetapi situasi di sana “separah mungkin” karena pasukan Rusia menghalangi koridor kemanusiaan untuk didirikan. 

Dalam pidato terbarunya, Zelensky mengatakan bahwa tentara Rusia akan selamanya dicap dalam sejarah dunia sebagai tentara yang mungkin paling biadab dan tidak manusiawi di dunia karena telah membunuh warga sipil dengan sengaja, menghancurkan tempat tinggal dan infrastruktur sipil, serta menggunakan semua jenis senjata, termasuk yang dilarang oleh konvensi internasional. Dia juga menambahkan hal tersebut sudah menjadi ciri khas tentara Rusia.

 

Author: Dimas Bhagaswara & Bernadette Bibang

Editor: Sarah Putri Haryadi, Hafsyah Azzahra, Jennifer Clara Aprilia & Viranty Yulia Putri

 

Daftar Pustaka

BBC. (2022, March 22). Pertempuran sengit di Mariupol, mengapa kota ini sangat penting bagi Rusia? BBC. Retrieved  from https://www.bbc.com/indonesia/dunia-60830714

Beaumont, P. (2022, April 28). Russia increasing speed of attack in south-east, says Ukraine. The Guardian. Retrieved from https://www.theguardian.com/world/2022/apr/28/russia-blocking-evacuation-of-wounded-from-mariupol-steelworks

CNN Indonesia. (2022, April 21). Putin Perintahkan Rusia Batal Gempur Pabrik Baja Mariupol. CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220421151951-134-787867/putin-perintahkan-rusia-batal-gempur-pabrik-baja-mariupol

Lock, S. (2022, April 20). Ukraine repelling intense Russian offensive in east, UK says, as Mariupol troops face ‘last hours’. The Guardian. Retrieved from https://www.theguardian.com/world/2022/apr/20/ukraine-repelling-intense-russian-offensive-in-east-uk-says-as-mariupol-troops-face-last-hours

WION. (2022, April 21). Ukraine repelled nine Russian attacks in Donetsk and Luhansk: Military spokesman. WION. Retrieved from https://www.wionews.com/world/ukraine-repelled-nine-russian-attacks-in-donetsk-and-luhansk-military-spokesman-472612

Dimas Bhagaswara & Bernadette Bibang (IRB News - Peace & Conflict)