Presiden Afghanistan Melarikan Diri ke Uni Emirat Arab

 

Sumber Foto: Reuters

Pada Minggu, 15 Agustus 2021 Taliban berhasil menguasai Kabul, Ibu Kota Afghanistan dan disusul dengan wilayah lainnya. Taliban yang melakukan penyerangan selama tiga bulan terakhir berhasil menguasai Afghanistan. Hal ini terjadi setelah Amerika Serikat menarik seluruh pasukannya yang berada di Afghanistan  (BBC News Indonesia, 2021).

Keberhasilan Taliban menguasai Afghanistan menyebabkan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani melarikan diri dari negaranya. Hal ini menyebabkan kemarahan para warga negara Afghanistan yang menganggap bahwa Ghani menelantarkan mereka. Pelarian Ashraf Ghani disampaikan oleh dirinya sendiri melalui cuitan di Facebook dan beralasan bahwa ia melarikan diri karena tidak mau ada pertumpahan darah (CNN Indonesia, 2021).

Setelah sebelumnya dikabarkan bahwa Ashraf Ghani melarikan diri ke Tajikistan, pada Rabu, 18 Agustus 2021 melalui pesan video, Ashraf Ghani menyatakan bahwa dirinya berada di Uni Emirat Arab dan berencana untuk kembali pulang ke Afghanistan. Keberadaan Ashraf Ghani di UEA juga dikonfirmasi oleh pemerintah UAE dengan alasan kemanusiaan (Pristiandaru, 2021).

Saat ini, kepemimpinan Afghanistan dipegang oleh Wakil Presiden Amrullah Saleh yang menyatakan bahwa dirinya masih berada di Afghanistan dan menyatakan bahwa ia bertanggung jawab atas kepemimpinan Afghanistan saat ini sesuai dengan konstitusi yang berlaku (CNN Indonesia, 2021).

References

BBC News Indonesia. (2021). Siapakah Taliban? Sejarah kelompok yang kini menguasai kembali Afghanistan. BBC News Indonesia.

CNN Indonesia. (2021). Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Ada di Uni Emirat Arab. Jakarta: CNN Indonesia.

CNN Indonesia. (2021). Rusia Sebut Presiden Afghanistan Kabur Pakai Heli Penuh Uang. Jakarta: CNN Indonesia.

Pristiandaru, D. L. (2021). Setelah Kabur Diam-diam, Mantan Presiden Afghanistan Ingin Pulang. Abu Dhabi: Kompas.com.

 

Author: Syadilla Rachmanda Cardosh | IRB News

Editor: Uttari Kandha Ariwangsa | IRB News

Syadilla Rachmanda Cardosh