ESTERA: Temu Keakraban Himpunan 2021

Temu Keakraban Himpunan (TKH) merupakan suatu rangkaian acara tahunan yang dibuat oleh HIMHI dan bekerja sama dengan BSO (BIRDS, IRB News, dan FPCI) untuk memberikan pengenalan serta pengetahuan dalam bidang organisasi. Tujuan dibuatnya TKH merupakan salah satu syarat untuk dapat bergabung pada salah satu organisasi tersebut, juga agar para mahasiswa/i Hubungan Internasional dapat lebih mudah dalam memilih mana organisasi yang akan dipilih kedepannya. TKH tahun ini mengusung tema “Exploring the New Dimension to the New Era (ESTERA)”, tema ini diusung setelah dilakukannya beberapa pertimbangan yang sudah didiskusikan oleh para pengurus HIMHI dan BSO. 

Acara TKH sendiri diadakan pada Sabtu, 6 November 2021. Tahun ini TKH masih dilakukan secara Online melalui platform Zoom Meeting. Acara pertama dimulai pada pukul 9.20 WIB dan dibuka oleh Mizan selaku MC, dan setelah itu dilanjutkan dengan sambutan beberapa perwakilan dari Himpunan dan BSO yang mengisi acara hari ini juga turut memberikan kata sambutan, seperti Kak Jemmy Mikhael selaku ketua HIMHI, Kak Ryuki Ritchie selaku Secretary General BIRDS, Kak Belinda Nur Fadillah selaku President Director of FPCI, dan terakhir Kak Khairina Felisha selaku ketua IRB News. Setelah sambutan yang diberikan oleh masing-masing perwakilan dari Himpunan dan BSO selesai, kemudian dilanjutkan dengan sambutan berikutnya yang disampaikan oleh Bapak Aditya Permana.

Dilanjut dengan sambutan yang diberikan oleh Pembina Jurusan HI yang dibawakan oleh Bapak Aditya Permana. Terakhir, Bapak Rangga Aditya selaku Kepala Jurusan HI turut memberikan kata sambutannya sekaligus sebagai penanda bahwa acara TKH akan segera dimulai. Namun, sebelum memulai pemaparan materi oleh HIMHI dan BSO, kami melakukan ice breaking selama 25 menit untuk mencairkan suasana. Ice breaking pertama ini kami memainkan Game Jeopardy yang berhasil dibawakan dengan seru oleh Mizan dan juga Deeva.

 

Setelah seru-seruan di sesi Ice Breaking, MC kembali mengarahkan peserta untuk kembali fokus karena pemaparan materi pertama akan segera dimulai. Materi pertama dibawakan oleh Kak Jemmy yang menjelaskan tentang HIMHI, seperti apa itu HIMHI, sejarah HIMHI dibentuk, Visi-Misi, struktur HIMHI dan Seperti apa kepengurusan di HIMHI. Dan dikarenakan HIMHI baru saja melaksanakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua periode 2021/2022 pada bulan Oktober kemarin, Deeva selaku Ketua yang terpilih memberikan sedikit terkait mekanisme kepengurusan yang akan mendatang. Dengan adanya pemaparan materi tersebut tentunya diharapkan para peserta dapat menangkap apa saja yang dijelaskan Kak Jemmy karena pembawaannya yang santai dan asik.

 

Selanjutnya adalah pemaparan materi yang dibawakan oleh Kak Richie yang menjelaskan tentang BIRDS, mulai dari sejarah BIRDS itu sendiri, seperti kapan berdirinya BIRDS, siapa yang mencetuskan BIRDS pertama kali, dan lain-lain. Setelah dijelaskannya sejarah, berlanjut ke Visi-Misi BIRDS, struktur BIRDS dari ketua hingga tiap divisinya. Dan materi terakhir yang dibawakan oleh Kak Richie yakni, beliau memaparkan beberapa achievements, juga aktivitas-aktivitas dan event yang telah dirancang bahkan telah selesai dilakukan pada tahun ini. Pemaparan materi ini sangat menambah semangat peserta karena banyak insight yang didapatkan tentang BIRDS.

 

Selanjutnya pemaparan materi FPCI yang di bawakan oleh Kak Belinda, berbeda dengan yang lain. Kak Belinda membawakan materi yang cukup banyak tentang FPCI namun tetap menarik dan tidak membosankan karena dikemas secara unik juga menjelaskannya dengan santai sehingga dapat dimengerti. Pada pemaparan materi ini, Kak Belinda menjelaskan apa itu FPCI? Kapan FPCI dibentuk? dan apa tujuan dibentuknya FPCI?. Setelah beberapa materi tersebut dijelaskan, Kak Belinda juga menyebutkan apa saja Visi-Misi FPCI. Tidak lupa, Kak Belinda juga menjelaskan tema FPCI tahun ini adalah “Achieving Sustainability in the Mindset of Fragility” dalam tema tersebut juga dijelaskan bahwa ada beberapa komponen warna yang masing-masingnya memiliki arti atau makna tersendiri. Selanjutnya dijelaskan juga Structure FPCI mulai dari Presiden Director sampai ke stafnya. Juga dijelaskan pula beberapa Tugas, Program kerja, serta Divisi yang ada di FPCI, seperti ; Research & Development,  RND Programs, Marketing and Design, Institution Relations and Global Partnership.

 

Setelah pemaparan materi yang diberikan oleh Kak Belinda selesai, itu tandanya sudah memasuki sesi  ISHOMA. Pada sesi ini peserta dipersilahkan untuk beristirahat sejenak selama satu jam sebelum kita melanjutkan sesi pemaparan materi berikutnya oleh IRB News yang dibawakan oleh Kak Felisha. Pemaparan pertama diawali dengan pembacaan Visi dan Misi lalu dilanjutkan dengan materi penting yakni Mengenal IRB News, disini Kak Felisha menjelaskan apa itu IRB News dan menjelaskan apa saja program kerja yang ada di IRB News, dan apa saja yang sudah dilaksanakan pada tahun ini dan tahun sebelumnya. Selanjutnya, kak Felisha memperkenalkan para anggota maupun pengurus inti IRB News.

 

Pemaparan materi terakhir dibawakan oleh Bapak Aditya Permana, dalam sesi ini merupakan sesi formal namun santai, karena disini para Ketua HIMHI maupun BSO saling sharing satu sama lain. Tentunya Bapak Aditya atau yang kerap disapa/panggil sebagai Mas Aad juga memberikan arahan dan motivasi untuk para peserta agar dapat berkontribusi nantinya dalam organisasi, bukan hanya berkontribusi namun aktif dan selalu berpikir kreatif, agar dapat belajar mengembangkan diri serta skill dalam berorganisasi walaupun dibarengi oleh perkuliahan.

 


Setelah semua sesi pemaparan telah selesai dilakukan, MC langsung mengarahkan peserta untuk melanjutkan ke sesi selanjutnya yakni Ask The Leaders. Ask The Leaders merupakan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh setiap pembicara HIMHI dan BSO dalam sesi ini, peserta dibagi kedalam 20 kelompok. Nantinya setiap kelompok akan memasuki Breakout Room yang telah diarahkan oleh panitia. Breakout Room dibagi menjadi empat room yaitu HIMHI, FPCI, BIRDS, dan IRB News, selanjutnya semua kelompok akan secara bergantian memasuki setiap ruangan dengan sistem rolling. Didalam tiap Breakout Room tersebut peserta ditanya beberapa pertanyaan oleh kakak-kakak dari HIMHI ataupun BSO, dan bagi peserta yang mengetahui jawabannya, diperbolehkan untuk langsung menekan fitur Raise hand yang sudah terdapat pada Zoom Meeting Dan pastinya tiap perwakilan kelompok yang bisa menjawab akan diberikan poin oleh Panitia Acara. Panitia akan mempersilahkan peserta untuk bertanya apabila masih ada hal yang belum dimengerti oleh peserta. Namun jika waktu sudah habis peserta wajib untuk Rolling ke room yang lain nya.

Setelah semua kelompok sudah selesai maka peserta akan langsung diarahkan untuk kembali ke Main Room untuk melanjutkan sesi berikutnya. Berakhirnya sesi di Breakout Room, maka akan dilanjutkan dengan sesi  Review feedback. Pada sesi ini, MC akan menunjuk satu peserta secara random untuk memberikan reviewnya terhadap apa yang sudah mereka dapatkan selama berada di Breakout Room sebelumnya. 

Setelah selesai mengadakan sesi Review feedback tersebut, MC mengarahkan kembali ke sesi selanjutnya yaitu adalah sesi Ice Breaking lagi, pada sesi ini peserta yang memenangkan Games tersebut mendapatkan poin yang nantinya akan ada uang tunai dan beberapa hadiah lainnya. Selanjutnya merupakan sesi sharing dengan alumni, sesi kali ini akan dibawakan oleh kak Regina Christianto, pada sesi kali ini, peserta diperbolehkan untuk menanyakan langsung beberapa pertanyaan terkait dengan pengalaman seputar berorganisasi. 

 

Setelah sesi Alumni dan Tanya jawab dengan selesai, masih ada lagi satu sesi dimana kami menyerahkan Sertifikat yang mana merupakan tanda terima kasih kami kepada pembicara, karena sudah mau meluangkan waktunya untuk sharing dan berdiskusi pada acara TKH tahun ini. Setelah penyerahan sertifikat selesai, maka selesai sudah acara TKH Tahun 2021 kali ini. Diharapkan kepada seluruh peserta nantinya bisa berkontribusi dengan organisasi yang sudah dijelaskan dari sesi pembicara awal hingga akhir pada sesi alumni, semoga acara TKH kali ini bisa membawa kesan yang tak akan terlupakan. Sekian.