Drama Korea Sebagai Alat Promosi

Saat ini, drama Korea merupakan salah satu hiburan yang  digandrungi oleh banyak orang. Cerita yang dianggap menarik mampu membuat penonton terhibur. Jika kita lihat melalui perspektif hubungan internasional, drama Korea digunakan untuk  alat diplomasi Korea Selatan dalam bentuk hal yang dinamakan “soft power” yang dimana hal ini berarti untuk mempengaruhi suatu masyarakat secara tidak langsung.

Korea Selatan sendiri mulai melakukan pembukaan diri untuk mempromosikan negaranya sejak tahun 1980. Contohnya dapat kita lihat dalam drama “Winter Sonata”, dalam drama tersebut pemerintah Korea Selatan berusaha untuk mempromosikan Nami Island sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Korea Selatan.

Industri Entertainment Korea melibatkan berbagai aktor yang dikenal dengan istilah “Hallyu Bandwagon”, salah satunya adalah “Presidential Council on Nation Branding” yang tujuannya ialah untuk mempromosikan Korea Selatan dalam dunia internasional melalui sarana budaya, produk dan masyarakat Korea Selatan.

Dalam aspek perekonomian, pada tahun 2015, Pemerintah Korea Selatan mengeluarkan “Legalisation of Product Placement” yang membuat produk asing juga dapat dipromosikan melalui drama Korea. Dan lewat hal tersebut telah membuat adanya peningkatan investasi terhadap Korea Selatan di tahun tersebut.

References:

https://hi.umy.ac.id/drama-korea-apakah-hanya-sekedar-drama/

https://m.cnnindonesia.com/hiburan/20200410222542-220-492499/alasan-drama-korea-makin-menggoda