Kerusuhan di Afrika Selatan: Akibat Penahanan Mantan Presiden?

(Source: Bongonews.co.tz)

Afrika Selatan baru saja mengalami gejolak pada internal pemerintahan. Tidak tanggung-tanggung, Mantan Presiden Jacob Zuma baru saja dijatuhi hukuman penjara. Hal ini diperparah dengan kondisi Afrika Selatan yang memiliki ekonomi yang kurang baik. Lantas, ratusan penduduk kemudian melakukan penjarahan dan pembakaran di beberapa lokasi strategis. Puluhan jiwa menjadi korban dalam kerusuhan ini. Namun, ada hal unik yang melatarbelakangi kerusuhan ini. Banyak penduduk Afrika Selatan yang turun ke jalan untuk meminta orang yang bisa dibilang telah merugikan negara mereka untuk dibebaskan dari tuntutan tersebut.

 

Apa yang Terjadi?

(Source: CNBC.com)

Kurusuhan di Afrika Selatan telah terjadi pada 29 Juni 2021. Banyak orang turun ke jalan, terutama di kota Kwazulu-Natal. Demonstrasi besar-besaran ini menuntut agar pengadilan mencabut tuntutan kepada mantan presiden Afrika Selatan. Toko, mall, dan perkantoran menjadi sasaran utama dari kerusuhan yang sedang terjadi ini. Dimana isi dari toko dan mall di jarah, peralatan kantor yang diambil oleh oknum tidak bertanggung jawab serta beberapa diantara itu dibakar.

Toko-toko yang dirusak itu mengalami kerugian akibat ulah dari ribuan orang yang rusuh tersebut. Lebih parah lagi, kendaraan yang berada di jalan raya juga dibakar sehingga semakin menunjukkan seberapa ricuh dan anarkisnya ulah penduduk Afrika Selatan. Nyatanya, polisi telah turun di jalan untuk mengamankan, tetapi mereka juga tidak bisa berbuat banyak. Bahkan, pemerintah sendiri juga mendapat banyak kecaman karena langkah mereka dalam menangani permasalahan ini sangat lambat dan tidak efektif.

Penduduk Afrika Selatan melakukan demonstrasi yang berujung kepada kerusuhan mengakibatkan jatuhnya banyak korban jiwa. Polisi terpaksa harus menggunakan senjata api untuk menenangkan para penjarah. Secara total, sebanyak 72 oknum yang melakukan kerusuhan tewas dan lebih dari 1.200 orang telah ditangkap karena menyebabkan kericuhan. Kini, situasi mulai mereda namun tetap perlu antisipasi agar peristiwa ini tidak terulang lagi kedepannya.

 

Apa Penyebab dari Kerusuhan Afrika Selatan?

(Source: Buzzsouthafrica)

Pada 29 Juni lalu, Jacob Zuma resmi ditahan dan dijatuhi hukuman 15 bulan penjara karena dia menentang penyelidikan tuduhan korusi selama masa jabatannya sebagai presiden Afrika Selatan. Dia dianggap telah melakukan penghinaan terhadap pengadilan konstitusional Afrika Selatan, yang merupakan pengadilan terkuat disana. Dengan ini juga dia menjadi presiden Afrika Selatan pertama yang masuk ke penjara.

Namun, penahanan ini dianggap terjadi tiba-tiba. Sebelumnya tidak ada peringatan atau berita tentang penangkapan mantan presidennya tersebut. Hal ini lantas membuat banyak pendukungnya melakukan demonstrasi agar Zuma dibebaskan dari hukumannya tersebut. Namun, demonstrasi ini tidak berlangsung kondusif. Bahkan, penduduk Afrika Selatan melakukan kericuhan seperti tidak adanya hukum yang bisa mengamankan mereka. Satu hal yang mereka inginkan adalah pembebasan Zuma. Mereka bahkan menyatakan bahwa tidak akan ada perdamaian di Afrika Selatan hingga mantan presiden mereka tersebut dapat hidup bebas.

Kerusuhan di Afrika Selatan diperparah jika kita melihat kondisi ekonominya. Negara ini mungkin bisa dikategorikan sebagai salah satu yang mengalami krisis ekonomi. Sebanyak 60 juta orang hidup di bawah garis kemiskinan dan kekurangan makanan. 32% dari total penduduk Afrika Selatan juga tidak bekerja sehingga membuat kondisi ekonomi semakin buruk. Apalagi di situasi pandemi ini, pemotongan tenaga kerja membuat sulit rasanya agar negara ini bisa bangkit dari keterpurukan. Hal ini menjadi salah satu alasan penjarahan ini bisa terjadi sedemikian buruknya. Makanan, pakaian, dan alat-alat elektronik menjadi target pencurian untuk membantu perekonomian keluarga untuk beberapa saat.

 

 

Daftar Pustaka

Chutel, L. (2021, July 21). Is South Africa’s Unrest an Insurrection?. Foreign Policy. Diakses melalui https://foreignpolicy.com/2021/07/21/south-africa-unrest-looting-zuma-ramaphosa-insurrection-covid/

Ericsson, N. (2021, July 17). South Africa Zuma riots: What’s behind the violence and looting?. BBC News. Diakses melalui https://www.bbc.com/news/world-africa-57860998

 

Author: Vincent Govandhi | IRB News

Editor: Uttari Kandha Ariwangsa | IRB News

 

Vincent Govandhi