PBB Desak Untuk Stop Perang Armenia-Azerbaijan

Sumber: Warta Ekonomi

 

Dewan Keamanan PBB mendesak Armenia dan Azerbaijan untuk segera menghentikan perang tiga hari di wilayah Nagorny-Karabakh. Nagorny-Karabakh adalah sebuah wilayah yang berada dalam wilayah Negara Azerbaijan namun, memisahkan diri dan sekarang pemerintahanya dijalankan oleh Armenia.

Dilansir dari CNN Indonesia (30/09), perang yang telah menewaskan 98 orang ini terjadi di perbatasan wilayah Azerbaijan yang hendak memisahkan diri. Mereka juga melakukan pembicaraan darurat secara tertutup pada Selasa 29 September atas pemintaan resmi dari Jerman dan Prancis.

Dewan Keamanan PBB dalam sebuah pernyataan bersama bersepakat untuk mendukung upaya yang dilakukan Sekertaris Jendral PBB untuk kembali bernegosiasi dan menghentikan perang. Namun, pemimpin Armenia maupun Azerbaizan menolak usulan damai yang diserukan oleh berbagai negara seperti Perdana Menteri Albania dan Menteri Luar Negeri Rusia. Dilansir dari CNN Indonesia (30/09), mereka saling melemparkan tuduhan sebagai pihak yang menghalangi negosiasi.

Dilansir dari CNN Indonesia (30/09), Presiden Azerbaijan, llham Aliyev telah mengatakan kepada salah satu saluran TV Rusia   bahwa negaranya telah berkomitmen untuk menegosiasikan resolusi tetapi Armenia menghalangi proses tersebut. Ilham Aliyev juga berkata bahwa mengikuti prinsip-prinsip dari kelompok Minsk yang merupakan sebuah organisasi dibidang Keamanan dan Kerjasma di wilayah Eropa, maka dalam penyelesaian konflik ini, seharusnya wilayah itu dipindahkan ke Azerbaijan.

 

Bibliography
Editor, C. I. (2020, September 30). Armenia-Azerbaijan Tolak Pembicaraan Damai, Perang Berlanjut. Retrieved September 2020, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200930134340-134-552704/armenia-azerbaijan-tolak-pembicaraan-damai-perang-berlanjut
Editor, C. I. (2020, September 30). Perang Armenia-Azerbaijan Tewaskan 98 Orang, PBB Desak Setop. Retrieved September 2020, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200930074719-134-552540/perang-armenia-azerbaijan-tewaskan-98-orang-pbb-desak-setop

Resources Gambar: https://www.wartaekonomi.co.id/read306366/azerbaijan-vs-armenia-yerevan-mulai-dekati-iran-dan-as

 

Author: Arina Apsarini Putri Asrofi | IRB News

Editor: Andini Jasmin H. G. | IRB News

 

Arina Apsarini Putri Asrofi