Vaksin Covid-19, Akankah Menjadi Harapan Baru?

Sumber : Reuters/Dado Ruvic/Merdeka.com

                Sudah lebih dari setengah tahun kita dihadapi  oleh cobaan virus covid-19 yang sudah banyak merugikan beberapa Negara termasuk Indonesia. Dari segala sektor termasuk pendidikan, kesehatan, pemerintahan terkena dampak yang sangat signifikan disebabkan oleh virus covid-19. Kesehatan menjadi hal yang sangat penting mengingat virus ini yang menyerang kesehatan masyarakat sehingga segala aktivitas Negara termasuk kegiatan bermasyarakat untuk bersosialisasi terganggu karena mudahnya terjangkit oleh virus yang mematikan ini.

Melalui data WorldOMeter tercatat sudah lebih dari 30 juta orang yang sudah terjangkit dan lebih dari 950 ribu orang yang sudah kehilangan nyawanya akibat terjangkit virus ini.  Maka dari, itu segala aktivitas sosial yang dapat menyebarkan aktivitas virus ini termasuk kontak fisik, sangat diperketat guna menghindari terinfeksi dari virus covid-19.  World Health Organization (WHO) mencatat virus covid-19 ini ditetapkan sebagai pandemi Pada 16 Maret 2020.

Hingga WHO mengeluarkan protokol kesehatan seperti menerapkan hidup sehat dan menjaga kesehatan dengan selalu mencuci, tangan, menggunakan masker, menerapkan social distancing dan lain-lain guna menghindari terjangkitnya virus ini. Saat ini berbagai Negara sedang berusaha untuk menciptakan vaksin yang diharapkan dapat menjadi perubahan besar dalam fase pandemi ini.  Karena hanya dengan vaksin, guncangan pandemi ini bisa dihindari dengan cepat dan tepat. Melansir GridHealth.id (19/06/2020),  mencatat beberapa organisasi besar dan perusahaan farmasi di dunia pada 16 Juni kemarin secara bersamaan mengumumkan hasil positif dalam uji coba obat-obatan dan vaksin covid-19. Penemuan vaksin virus ini sangat penting mengingat sudah berbulan-bulan kita dihantui oleh virus covid-19 yang mudah tersebar.

Dikutip dari CNBC, ada beberapa tahapan dalam perkembangan vaksin yaitu, ditemukannya vaksin yang lalu akan diuji cobakan ke binatang dan nantinya akan diuji cobakan langsung ke manusia.  Fase uji keamanan dan kemanjuran vaksin tersebut ke manusia telah mendapat respon positif namun penguji cobaan vaksinnya masih dalam jumlah kecil. Lalu setelah dilakukan uji coba fase manusia dalam jumlah kecil akan dilakukan uji coba fase ke manusia dalam jumlah besar, dan jika vaksin tersebut membuahkan hasil yang positif, maka akan dibuat persetujuan final dan akan dibuatkan pabrik untuk memproduksi vaksin tersebut sambil mendaftarkan vaksin tersebut di setiap Negara.

Di Indonesia sendiri, perkembangan vaksin sedang dalam proses pengujian setelah dilakukan beberapa kali uji coba pada manusia. Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Bio Farma yang menjadi developer vaksin corona, Bio Farma masih melakukan komunikasi seputar kerjasama perkembangan vaksin dengan lembaga vaksin Tiongkok yaitu Sinovac Biotech. Berikut perkembangan vaksin diseluruh dunia:

Sumber : WHO

            Dikutip dari IDNtimes.com, perkembangan vaksin di Indonesia ditargetkan akan selesai pada Januari 2021, Presiden RI Joko Widodo juga optimis bahwa kondisi Indonesia akan normal kembali setelah dilakukan suntik vaksin pada Januari 2021. Indoneisa juga ditargetkan akan menghasilkan 290 juta vaksin covid-19 hasil kerja sama dari beberapa Negara yang mengembangkan vaksin. Dengan dikabarkannya kabar gembira ini, merupakan celah harapan bagi masyarakat seluruh dunia untuk kembali hidup normal. Walaupun vaksin sudah ditemukan, gaya hidup sehat dan bersih harus tetap dijalankan agar terhindari dari virus lainnya.

Referensi Covid-19 Coronavirus Pandemic From: https://www.worldometers.info/coronavirus/
CNBC “Berita Tentang Vaksin Corona Terkini Dan Terlengkap” from: https://www.cnbcindonesia.com/tag/vaksin-corona
Sinegar,A. (18 September 2020). [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Vaksin COVID-19 di Dunia. From https://www.idntimes.com/news/world/ananta-fitri/linimasa-perkembangan-vaksin-covid-19-di-berbagai-negara/12

 

Author : Berlian Anjung Sari | IRB News

Editor : Andini Jasmin H.G | IRB News

Berlian Anjung Sari