LDK HIMHI 2017

Di tahun 2017 ini, HIMHI kembali mengadakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan). LDK ini diselenggarakan pada tanggal 12-14 Februari 2017. Kegiatan ini merupakan program kerja HIMHI yang rutin diadakan setiap tahunnya. LDK ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan HIMHI, tetapi juga untuk menyambut para aktivis yang akan berkontribusi selama setahun kedepan. Sama seperti LDK tahun sebelumnya, HIMHI kembali menggunakan tema Republik Negara HIMHI yang bertujuan untuk membentuk karakter dari masing-masing peserta dan membentuk rasa persatuan serta kebersamaan. Walaupun HIMHI mengusung tema LDK yang sama dengan tahun sebelumnya, namun HIMHI menampilkan sebuah konsep baru yang sangat menarik yaitu Guerrilla Race. Ini merupakan konsep yang digunakan untuk proses keberangkatan peserta menuju tempat LDK yang berlokasi di Puncak, Bogor. Dalam Guerrilla Race ini, peserta yang telah terbagi dalam beberapa kelompok harus berjuang sendiri menuju lokasi tujuan. Peserta diharuskan berhenti di sejumlah pos yang telah ditentukan dan mengatur strategi dan bergerilya agar bisa sampai lebih dulu dan mengalahkan kelompok peserta lainnya. Konsep ini bertujuan untuk melatih kemandirian, tanggung jawab, teamwork, dan time management.

Pada hari Minggu, 12 Februari 2017, peserta berkumpul di Kampus Kijang untuk memulai kegiatan LDK. Setelah itu, Guerilla Race pun dimulai dan masing-masing kelompok menuju beberapa pos yang telah ditentukan. Saat Guerilla Race, masing-masing kelompok diharuskan menaiki kendaraan umum untuk menuju lokasi dan disini terlihat sekali bagaimana setiap kelompok melakukan teamwork dan berjuang untuk menandingi kelompok lainnya. Peserta akan melewati beberapa pos penting untuk melakukan challenge di tempat yang sudah ditentukan panitia untuk mendapatkan petunjuk ke tujuan selanjutnya. Terdapat lima pos dalam Guerrilla Race tiap pos memiliki tema yang berbeda diantaranya; Influential Figures, Entrepreneurship, Research to Resolution, Creative Thinking dan State’s Identity. Setelah berhasil menyelesaikan Guerilla Race, masing-masing kelompok pun akhirnya sampai di Villa D’thanasha. Setelah beristirahat sejenak, peserta kembali mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu sesi materi Birokrasi HIMHI. Materi ini dibawakan oleh Ketua dan Wakil Ketua HIMHI dan berisi penjelasan tentang Birokrasi HIMHI. Setelah materi Birokrasi HIMHI selesai, peserta diajak untuk bermain game BINGO. Dalam game ini, peserta akan mencoba untuk mencari beberapa anggota pengurus HIMHI melalui ciri-ciri atau kriteria-kriteria yang telah disebutkan sebelumnya. Game ini bertujuan agar peserta mengenal lebih dekat anggota pengurus HIMHI yang lainnya. Setelah bermain game BINGO, peserta mengikuti sesi materi Team Building. Materi ini mengajarkan tentang bagaimana cara membangun kerja sama team yang baik. Setelah beristirahat dan makan malam, peserta mengikuti sesi Persiapan Tema Acara Pelepasan HI 2016. Dalam sesi ini, peserta disosialisasikan mengenai rencana acara tersebut dan masing-masing kelompok mendiskusikan tema acara untuk mempersiapkan peserta menjadi panitia acara tersebut. Setelah masing-masing kelompok memaparkan tema acara, kegiatan LDK pada hari pertama pun berakhir dan peserta bersiap-siap untuk istirahat.

Keesokan harinya, setelah semua peserta berkumpul dan selesai sarapan, simulasi bernegara pun dimulai. Masing-masing peserta yang telah terbagi menjadi kelas 1, kelas 2, maupun kelas 3 diberi arahan tentang simulasi bernegara beserta aturan-aturan yang telah ditetapkan. Setelah itu, kelas 1 akan mengikuti sidang untuk menentukan harga makanan di Republik Negara HIMHI sedangkan kelas 2 dan kelas 3 akan mencari pekerjaan yang telah disediakan oleh pemerintah Republik Negara HIMHI. Setelah sidang simulasi bernegara selesai dan kelas 2 & 3 selesai bekerja, nasib mereka akan ditentukan melalui banyaknya jumlah BIR (mata uang Republik Negara HIMHI) yang mereka miliki. Peserta akan membeli makanan dengan menggunakan BIR yang didapat dari hasil gaji mereka. Yang menarik dari simulasi bernegara ini adalah, setiap peserta dapat naik kelas ataupun turun kelas berdasarkan dari jumlah BIR yang mereka miliki. Simulasi bernegara juga menggambarkan bagaimana situasi dalam kehidupan yang sebenarnya dimana mereka harus bekerja dengan keras jika ingin hidup dengan nyaman dan begitu juga sebaliknya. Selain simulasi bernegara, peserta juga mengikuti sesi materi analisa SWOT. Dalam sesi materi ini, peserta akan diajak untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang ada dalam diri mereka masing-masing. Materi analisa SWOT ini bertujuan untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada dengan menggunakan kekuatan dan kesempatan yang dimiliki diri sendiri. Tidak hanya sesi materi, terdapat juga sesi sharing yang dibawakan oleh beberapa senior HIMHI dari periode sebelumnya. Dalam sesi sharing ini, para senior berbagi cerita dan pengalaman mereka selama menjadi anggota HIMHI sehingga peserta bisa mengetahui tentang perjalanan HIMHI selama ini dan kendala apa saja yang telah dialami dalam periode-periode sebelumnya. Di hari kedua ini, peserta juga mengikuti kegiatan outbond yang diadakan di area vila. Dalam kegiatan ini, peserta yang terbagi menjadi beberapa kelompok kecil dapat mencoba berbagai games yang disediakan oleh panitia. Kegiatan outbond ini tidak hanya melatih teamwork para peserta tetapi juga menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Pada malam hari, ada sesi dimana tiap divisi memberikan sharing materi terkait divisi tersebut. Dalam sesi sharing divisi ini, peserta dapat mengetahui apa saja job desc yang dimiliki dari masing-masing divisi dan peserta juga dapat menunjukkan minat atau divisi yang mereka sukai. Dalam sesi ini, peserta akan mendapat gambaran mengenai sistem kerja HIMHI melalui sesi tanya jawab. Setelah melewati hari yang cukup panjang dan melelahkan, peserta bersiap-siap untuk makan malam dan beristirahat.

Pada hari ketiga, masing-masing kelompok peserta mulai memaparkan konsep acara pelepasan HI 2016 yang telah mereka diskusikan sebelumnya. Panitia juga memberikan kritik dan saran serta penilaian terhadap konsep dari masing-masing kelompok. Setelah pemaparan konsep telah selesai, simulasi bernegara pun juga berakhir. Panitia melakukan rasionalisasi simulasi bernegara dan menjelaskan tentang tujuan dan hasil yang didapatkan dari simulasi bernegara itu sendiri. Tidak terasa, kegiatan LDK pun hampir berakhir. Setelah makan siang dan berfoto bersama, kegiatan LDK ini telah resmi berakhir. Puji syukur, LDK HIMHI 2017 ini telah selesai dan sukses diselenggarakan. LDK tahun ini menjadi salah satu momen yang sangat berharga dan memberi pengalaman baru bukan hanya untuk pengurus tetapi juga untuk para aktivis.

Selamat datang di keluarga HIMHI Aktivis 2017!!!

Peserta saat mengikuti Guerilla Race
kelompok peserta saat berhenti di salah satu pos Guerilla Race
sesi materi Team Building
suasana rapat penentuan harga makanan yang diikuti oleh kelas 1
para peserta yang telah bersiap-siap untuk kegiatan outbond
suasana ketika peserta bermain games saat outbond
sesi sharing divisi dan penjelasan job desc
seorang peserta mencoba memaparkan konsep acara pelepasan HI 2016

Selamat kepada Nadhia & Nathanael yang terpilih menjadi best activist
LDK HIMHI 2017 telah selesai dan sukses diselenggarakan