BINUS INTERNATIONAL RELATIONS FESTIVAL 2020

BINUS INTERNATIONAL RELATIONS FESTIVAL 2020

Youth for Future Climate: To Prevent, Protect, and Restore”

 

Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMHI) BINUS University merupakan suatu organisasi kemahasiswaan jurusan Hubungan Internasional BINUS University yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa/i dalam berorganisasi. Selain itu, HIMHI juga menjadi sarana bagi para mahasiswa/i untuk meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill setiap mahasiswa/i yang terlibat di dalamnya. Melalui slogan “Aktif, Inovatif, Tolak Apatis”, HIMHI juga turut mengajak para mahasiswa/i untuk terlibat aktif menyalurkan ide, gagasan, serta kreativitas dalam lingkup organisasi, sosial, maupun akademis. Salah satu program kerja yang dapat meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill  mahasiswa/i beserta anggota HIMHI adalah dengan diadakannya BINUS International Relations Festival (BIRFEST).

Kondisi dunia pada tahun 2020 yang sedang dilanda oleh pandemi COVID-19 membuat BIRFEST 2020 dikemas dengan konsep dan mata acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Guna mengurangi penyebaran rantai COVID-19 dan untuk mematuhi protokol kesehatan, BIRFEST 2020 dilaksanakan secara daring (online) dengan mengangkat tema “Youth for Future Climate: To Prevent, Protect, and Restore”. Adapun maksud diangkatnya tema ini adalah untuk meningkatkan kepekaan dan kesadaran semua lapisan masyarakat khususnya mahasiswa dan generasi muda mengenai perubahan iklim yang terjadi sangat cepat dan semakin mempengaruhi kondisi bentang alam di seluruh dunia terkhususnya di Indonesia. BIRFEST 2020 diadakan pada tanggal 27-29 November 2020 dengan menyajikan dua mata acara akademik yaitu Essay Competition dan Web Seminar (Webinar) dan satu mata acara akademik yaitu Poster Competition.

Dalam pelaksanaannya, mata acara Essay Competition diikuti oleh lima orang peserta dengan membuat essay yang sesuai dengan tema-tema yang telah di sediakan oleh panitia. Tiga tema tersebut adalah “Peran Pemuda Indonesia dalam Menjaga Kebersihan Laut dari Sampah Plastik”, “Peran Pemuda Indonesia dalam Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca”, dan “Peran Pemuda Indonesia dalam Pemulihan Hutan”.  Mata acara Web Seminar (Webinar) kali ini mengusung tema “Earth is dying, Climate is changing: why aren’t we?” dengan diisi oleh dua pembicara yaitu Paramitaningrum, Ph.D selaku Dosen/Deputy Head of Global Class Program, Departemen Hubungan Internasional Binus University dan Indra Sari Wardhani selaku Energy Project Leader WWF Indonesia. Webinar ini turut dihadiri oleh 208 peserta yang mengikuti dari awal sampai akhir berlangsungnya acara. Mata acara Poster Competition diikuti oleh sembilan orang peserta yang membuat poster dengan tema Pencegahan Banjir, Reboisasi, dan Menjaga Hutan Agar Tidak Rusak.

Leonardus Mario