Makna Desain Logo Perguruan Pencak Silat PSHT

Ki Hadjar Hardjo Oetomo (Pendiri Pencak Silat PSHT)

 Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Ki_Hadjar_Hardjo_Oetomo

Image: Pesilat Persaudaraan Setia Hati Terate di Alun-alun Ponorogo, Jawa Timur

Source: https://www.liputan6.com/regional/read/3861799/foto-pecahkan-rekor-muri-ribuan-pesilat-ponorogo-unjuk-kebolehan?page=1&utm_source=Desktop&utm_medium=copy_link&utm_campaign=share

PSHT singkatan dari Persaudaraan Setia Hati Terate adalah sebuah organisasi perguruan silat yang berasal dari Madiun. PSHT atau SH Terate di kenal memiliki tujuan untuk mendidik anggotanya dan membentuk karakter yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, tahu yang benar dan salah, dan sifat kesetiaan antar anggota.

Persaudaraan Setia Hati Terate juga masuk ke salah satu 10 perguruan Pencak Silat yang mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia atau biasa dikenal IPSI, organisasi induk resmi nya Pencak Silat di Indonesia sejak tahun 1948 di Surakarta. SH Terate sangat lah di kenal di dunia Pencak Silat dalam negeri dan luar negeri. Sudah tercatat bahwa SH Terate adalah pengurusan Pencak Silat di Indonesia dan negara lain. SH Terate memiliki banyak cabang, di Indonesia, cabang SH Terate sudah tersebar di 200 kota/kabupaten di Indonesia. Selain di Indonesia, SH Terate juga memiliki cabang di Malaysia, Belanda, Russia, Timor Leste, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, dan Perancis. Dari berbagai cabang tersebut, SH Terate tercatat sekarang sudah memiliki delapan juta anggota.

Image: logo pencak silat PSHT

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Persaudaraan_Setia_Hati_Terate#/media/Berkas:Logo-psht.jpg

SH Terate memiliki logo organisasi yang ikonis di dunia Pencak Silat. Simbol-simbol yang ada di logo SH Terate memiliki filosofi Persaudaraan Setia Hati Terate. Berikut adalah arti dari simbol-simbol yang ada di logo SH Terate:

SH Terate memiliki logo organisasi yang ikonis di dunia Pencak Silat. Simbol-simbol yang ada di logo SH Terate memiliki filosofi Persaudaraan Setia Hati Terate. Berikut adalah arti dari simbol-simbol yang ada di logo SH Terate:

  1. Bidang Empat

Logo SH Terate berbentuk persegi Panjang yang mempunyai makna sebagai perisai. Perisai bisa diartikan sebagai pertahanan diri, jadi seorang anggota SH Terate seharusnya bisa melindungi diri dari segala ancaman jasmani maupun rohani.

  1. Berwarna Hitam

Di logo SH Terate memakai warna hitam yang memiliki arti keabadian. Arti keabadian nya berasal dari semboyan SH Terate yaitu, “Selama matahari bersinar, selama bumi masih dihuni oleh manusia, semoga Setia Hati tetap jaya, abadi¸dan tidak berkesudahan selama-lamanya.”

Image: Acara Bumi Reog Berdzikir di Alun-Alun Ponorogo, Jawa Timur

Source: https://cdn.timesmedia.co.id/images/2020/01/05/Bumi-Reyog-Berdzikir-PSHT.jpg

  1. Persaudaraan

Persaudaraan di logo SH Terate memiliki arti semua anggota SH Terate adalah keluarga dengan sikap saling menghormati, bekerja sama, dan memiliki solidaritas antar anggota. Persaudaraan bisa juga diartikan menjadi semua anggota SH Terate adalah keluarga walaupun berbeda kepercayaan, ras, budaya, dan lainnya.

  1. Setia Hati

Setia Hati dari logo SH Terate memiliki arti untuk setia pada hati yang dapat bisa diartikan juga untuk jujur kepada hati dalam semua keputusan hidup. Walaupun beremosi kepada seseorang, cara berpikir harus rasional untuk tidak mengambil keputusan yang salah dalam hidup.

  1. Hati Bersinar

Simbol hati bersinar pada logo SH Terate mempresentasikan pemikiran persaudaraan garis merah atau outline merah pada hati menyimbolkan pertahanan diri. Maksud dari pertahanan diri adalah satu cita-cita di persaudaraan dan dapat menawarkan hati ke orang lain tetapi tidak sampai harus mengorbankan diri sendiri. Warna putih di hati (yang di dalam outline garis merah) menyimbolkan cinta dan kesucian batin. Sinar dari hati juga memiliki arti yaitu jalannya hukum alam/hukum kelimpahan.

Image: Bunga Teratai

Source: https://getlost.id/wp-content/uploads/2018/09/shutterstock_103289321.jpg

  1. Terate

Terate atau bunga Teratai adalah bunga yang bisa hidup di darat dan air. Bunga Teratai di logo SH Terate menyimbolkan tekad, ketahanan, dan kemampuan untuk beradaptasi. Jadi anggota SH Terate harus memiliki sikap yang ada pengaruh negatif di sekitar hidup, anggota SH Terate harus bisa mempertahankan kesucian batin nya.

  1. Garis Merah Tegak

Garis merah tegak pada logo SH Terate yang diapit garis putih menyimbolkan jalan yang lurus yang memiliki arti pertumbuhan mental dan spiritual anggota SH Terate harus lurus dan menjunjung kepada kebenaran.

  1. Senjata

Senjata yang ada di logo SH Terate melambangkan jalur fisik seseorang harus mengikuti sebagai belakangnya sampai pertumbuhan rohani.

Dengan filosofi-filosofi yang ada di lambang Persaudaraan Setia Hati Terate, PSHT bisa menjadi salah satu organisasi pencak silat ternama di Indonesia karena ajaran-ajaran nya dan dekatnya hubungan persaudaraan anggotanya sampai juga ajaran dan hubungan persaudaraan nya itu di kenal tidak Cuma di Indonesia saja tetapi ke mancanegara.

Referensi:

  1. https://pencaksilatindonesia.org/
  2. http://p2k.itbu.ac.id/id3/3064-2950/Persaudaraan-Setia-Hati-Terate_74300_stmik-thamrin_p2k-itbu.html
  3. https://toriqa.com/sejarah-psht/
  4. https://ilmusetiahati.com/Arsip/lambang-psht/