Makna Design Logo Pencak Silat Merpati Putih

Merpati Putih adalah salah satu bagian dari Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong ( PPS BETAKO) dan juga merupakan salah satu aset budaya budaya bangsa. Aliran jenis bela diri ini mulai terbentuk di tahun 1550-an dan dilestarikan serta dikembangkan seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan. Arti dari Merpati Putih sendiri merupakan suatu singkatan dari bahasa Jawa yang berbunyi ; “ Mersudi Patisting Pusakane Titising Hening” yang berarti “ Mencari sampai mendapat kebenaran dan ketenangan”, mengharapkan agar seluruh anggota Merpati Putih untuk menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakannya. Merpati Putih juga memiliki motto yang berbunyi ; “ Sumbangsihku Tak Berharga, namun Keikhlasanku Nyata.”

Guru Besar Pencak Silat Merpati Putih

Sources : https://hajidwisugiarto.files.wordpress.com/2014/05/mp-kudi-mas-poeng.jpg

Arti Lambang Merpati Putih

Sources : https://sinmawa.unud.ac.id/ormawa/merpati-putih/profile/arti-lambang-6338c0ba610ec614bd501141a81c2f4a

 

Segi Lima Biru

Bendera berbentuk segi lima yang terletak di belakang logo memiliki arti bahwa PPS Betako Merpati Putih berasaskan Pancasila dan UUD 1945. Warna dasar biru yang digunakan dalam segi lima tersebut melambangkan sikap dan watak perdamaian sebagai pesilat baik di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional. 

Tangan Hitam 

Gambar tangan berwarna hitam yang berada di balik gambar merpati melambangkan keteguhan hati bagi setiap anggota Merpati Putih.

Merpati

Burung Merpati yang berkepala tunduk menggambarkan sikap dan watak anggota Merpati Putih, semakin banyak ilmu yang didapati, semakin dekat dengan mencapai ketenangan lahir dan batin. 

Pita Merah

Pita berwarna merah yang bertulis “Merpati Putih” melambangkan warna bendera Pusaka Merah Putih yang melambangkan keberanian dan kesucian.

Tulisan bermotif Aksara Jawa

Tulisan “Merpati Putih” dan “Betako” dalam bentuk Aksara Jawa melambangkan sumber Ilmu Merpati Putih yang berasal dari tanah Jawa yang merupakan budaya asli bangsa Indonesia.

Sources : http://maritimnews.com/2018/12/danseskoal-buka-kejuaraan-antar-kelompok-tingkat-nasional-pencak-silat-merpati-putih/, https://www.boombastis.com/kehebatan-merpati-putih/98227

 

REFERENSI

http://www.ppsbetakomerpatiputih.com/about/content?c=filosofi

https://www.ppsbetakomerpatiputih.com/

http://mpsmecone.blogspot.com/2016/04/arti-dan-motto-merpati-putih.html