MENGENAL BUSANA ADAT KHAS BALI, PAYAS AGUNG

Pulau Bali atau yang sering disebut sebagai pulau Dewata ini tidak hanya memiliki keindahan pada alamnya saja namun juga memiliki kebudayaan yang membuat kita takjub. Salah satu kebudayaan Bali yang tidak kalah dengan keindahan alamnya yakni pakaian adat Bali yang juga mendapat banyak sorotan. Pakaian adat bali memiliki keunikan dan filosofi tersendiri. Salah satunya yaitu Payas Agung.

Payas Agung terlihat memiliki kesan yang mewah, sakral dan juga agung. Pakaian adat Payas agung biasanya hanya digunakan pada acara yang penting saja seperti;

Acara pernikahan, Munggah deha (upacara kedewasaan), Pitra yadnya (ngaben), mesagih (upacara potong gigi), dan upacara adat lainnya.

Menurut Dinas Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Buleleng, Pakaian adat Payas agung pada zaman dahulu hanya para bangsawan yang diperkenankan untuk mengenakan pakaian adat ini. Namun pada masa kini siapapun dapat mengenakannya. Payas Agung memiliki paduan warna emas, merah dan putih yang dapat dipakai baik oleh pria maupun wanita. Payas agung identik dengan mahkota tinggi yang menjulang. Mahkota tersebut terdiri dari bunga kap emas, sandat emas, empak-empak emas, dan petitis emas.

Penggunaan Payas Agung disertai dengan riasan wajah yang mewah. Pada bagian dahi wanita dirias dengan lengkungan atau srinata agar wanita terlihat lebih bersahaja. Di antara kedua alis terdapat bindi yang dalam agama Hindu diyakini sebagai simbol penanda cinta, kecantikan, kemakmuran, kehormatan, hingga penangkal nasib buruk. Dahi menjadi lokasi penggunaan bindi karena merupakan tempat cakra keenam.

Busana wanita akan memakai tapih (kain) panjang yang melilit tubuh dari dada hingga ke jari kaki. Tapih ini akan dilapisi kemben sebagai penutup dada dan kamen untuk menutup hingga ke mata kaki. Perhiasan yang digunakan adalah cerik (seperti gelang) di bahu sebelah kiri serta pending emas (seperti ikat pinggang) di pinggang, gelang kana di lengan, dan gelang satru di pergelangan tangan.

Sedangkan untuk pria, Payas Agung mengkombinasikan lilitan kain songket mewah dengan jas beludru bermotif prada Bali dan aksesori lain berupa keris.

refferences;

https://kabarwonosobo.pikiran-rakyat.com

https://katadata.co.id

https://disbud.bulelengkab.go.id

https://blogunik.com/pakaian-adat-bali/