Mengenal Sosok Raden Saleh

Raden Saleh - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

 

Raden Saleh Syarif Bustaman atau dikenal sebagai Raden Saleh merupakan pelukis Indonesia beretnis Arab-Jawa yang lahir pada bulan Mei 1811 di Teroboyo, Semarang, Jawa Tengah.  Beliau ialah seorang pelopor atau perintis seni lukis modern di Indonesia. Beliau juga merupakan pelukis pertama Indonesia yang berkarya di kancah Internasional. 

Kemampuannya dalam seni lukis dimulai pada tahun 1822, ia didaftarkan belajar di sebuah sekolah bangsawan pribumi. Teman-temannya sangat yakin dengan kemampuan melukisnya karena kebiasaan melukisnya. Bahkan Raden Saleh dilirik pemerintah Hindia-Belanda berkat kemampuannya mengolah pikiran hingga menjadi sebuah karya lukis yang begitu indah dan dikagumi. Pada Tahun 1829, beliau berhijrah ke Belanda untuk Belajar. Disana ia memperdalam bahasa Belanda hingga belajar teknis melukis di Istana kerajaan Belanda Cornelis Kruesemen.

Ia menghabiskan 25 tahun masa hidupnya di Eropa. Bahkan beberapa peneliti dan penulis menyebut beliau sebagai ‘manusia modern’ Jawa pertama yang memiliki pola pikir ala Barat. Dalam pergaulannya di kalangan elit aristrokat dan intelektual. Selain pelukis, Raden Saleh juga dikenal sebagai kolektor dokumen etnografi dan arkeologi, arsitek, paleontolog, perancang pertamanan, pendiri berbagai taman marga satwa, serta perancang busana.

Raden Saleh dalam sepanjang karirnya mengerjakan karya lukisan potret, pemandangan alam, dan tema-tema Romantik seperti perburuan binatang, badai di lautan, dan bencana alam. Karya-karyanya juga menyangkut kehidupan manusia dan binatang yang bergulat dalam tragedi.

Biografi Raden Saleh, Pelopor Seni Lukis Modern Indonesia

Satu-satunya lukisan historis yang diciptakan sekaligus merupakan karya utama dari Raden Saleh adalah Penangkapan Pangeran Diponegoro . Yang mana lukisan tersebut menggambarkan bahwa Raden Saleh tidak menyukai penindasan serta mempercayai idealisme kebebasan dan kemerdekaan. Namun Karya-karya Raden Saleh juga dikoleksi oleh kolektor dan museum terpandang di Eropa hingga Amerika seperti Museum Louvre di Perancis, Rijksmuseum di Belanda, dan Smithsonian American Art Museum di Amerika Serikat. Galeri Nasional Indonesia juga memiliki koleksi beberapa karya Raden Saleh, salah satunya adalah Kapal Karam Dilanda Badai .Berbagai macam penghargaan mengalir dari hasil karya Raden Saleh baik penghargaan mancanegara maupun dari indonesia.

Namun sayangnya tokoh kebanggaan bangsa kita ini tutup usia di umurnya yang ke-69 tahun di Bogor pada tanggal 23 April 1880.

Referensi ; 

MINEWS.ID – Mata Indonesia Portal Berita Terkini

https://m.merdeka.com

https://narasisejarah.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan