EKSKUL TARI TIONGKOK KEMBALI DIMULAI

Salah satu kegiatan yang hanya dimiliki oleh jurusan-jurusan sastra adalah ekskul. Di jurusan Sastra China pun ada beberapa ekskul, di antaranya: tarian Tiongkok, shufa (seni kaligrafi), zhongguo jie (seni tali temali), jianzhi (seni menggunting kertas), baguazhang (seni bela diri), dll. Kegiatan-kegiatan ekskul ini nantinya menjadi syarat untuk mengikuti sidang skrispsi.

Kegiatan ekskul yang akan dibahas kali ini adalah ekskul tarian Tiongkok. Kegiatan ini diadakan setiap hari Jumat pukul 11.00-13.00 di hall kampus Kijang. Ekskul ini sudah berjalan lebih dari 10 tahun dibawah bimbingan pelatih kami, Heru Tian.

Dengan mengikuti ekskul tari ini, para mahasiswa/i mendapat banyak sekali keuntungan. Selain memenuhi syarat skripsi, ini juga menjadi kegiatan diluar kelas yang menambah wawasan kami mengenai kebudayaan Tiongkok yang indah. Pelatih kami mengajarkan berbagai tarian dari berbagai jenis suku di Tiongkok. Ternyata sama seperti Indonesia, negara Tiongkok pun memiliki banyak keberagaman suku dan budaya! Pelatih pun sesekali memberikan tugas mencari artikel tentang tarian atau suku tertentu, sehingga kami bisa lebih memahami tarian yang sedang diajarkan.

Manfaat lain yang tidak kalah penting terutama bagi kaum wanita adalah membakar kalori! Biasanya setelah menari selama 15 menit, tubuh mulai terasa panas dan mengeluarkan keringat. Ditambah lagi, kami menari ketika cuaca dan hawa diluar sedang panas. Maka sambil “membakar kalori” bersama teman-teman sejurusan, kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk berkumpul dan berbagi pengalaman dengan binusian angkatan lainnya. Karena ekskul tari ini begitu menarik dan bermanfaat, tidak sedikit pula senior-senior yang terus mengikuti ekskul ini meskipun mereka sudah memiliki sertifikat sebagai syarat skripsi.

Harapan saya ke depannya adalah agar ekskul tari ini bisa berkembang dari segi kemampuan dan jumlah anggotanya, bahkan sampai bisa membuat sebuah pertunjukkan tarian Tiongkok. Saya juga berharap agar lebih banyak anggota laki-laki yang mau berpartisipasi dalam ekskul tari Tiongkok ini, agar jenis tarian yang dipelajari bisa lebih bervariasi lagi!

MIKA (1901462082)