PILMAPRES 2023


PILMAPRES merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya, yang bertujuan memberikan suatu apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

PILMAPRES 2023 BINUS diselenggarakan pada hari Jum’at, 17 Maret 2023 di Auditorium BINUS Kemanggisan.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Johan, S.Kom., MM. (Vice Rector of Student Affairs and Community Development). Pada PILMAPRES kali ini, terdapat 7 kandidat Binusian yang mewakili 7 fakultas terdapat di BINUS University yaitu:

1. Edward Hartanto Enrico Abadi – BINUSIAN 2024 mewakili School of Information Systems jurusan Business Information Technology di BINUS Bekasi
2. Annisa Saptayulia Belvanugraha – BINUSIAN 2025 mewakili Faculty of Engineering jurusan Food Technology di BINUS Alam Sutera
3. Delviana Pramata – BINUSIAN 2024 mewakili Faculty of Humanities jurusan International Relations di BINUS Kemanggisan
4. Jessica Christabel Gan – BINUSIAN 2025 mewakili School of Design jurusan Film di BINUS Alam Sutera
5. Maevy Marvella – BINUSIAN 2024 mewakili School of Computer Science jurusan Mobile Application and Technology di BINUS Kemanggisan
6. Olivia Valentina – BINUSIAN 2024 mewakili Faculty of Digital Communication Hotel and Tourism jurusan Marketing Communication di BINUS Kemanggisan
7. Thalea Christy Nathaniela – BINUSIAN 2024 mewakili fakultas BINUS Business School dengan jurusan Entrepreneurship – Business Creation di BINUS Malang

Untuk rangkaian acara PILMAPRES 2023 pada sesi ke 1, para kandidat melakukan presentasi mengenai inovasi . Peserta diberikan durasi 5 menit untuk menyampaikan bahan kepada juri dan audiens. Dilanjutkan dengan kandidat menjawab respon juri berdurasi 5 menit. Pada sesi 1 kali ini, ada 3 juri yang melakukan penilaian yaitu:

1. Johan, S.Kom., M.M. selaku Vice Rector Student Affairs and Community Development
2. Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi.,M.Si – Psychology
3. Dr. Elidjen, S.Kom., MInfoCommTech., CIP

Acara dilanjutkan dengan sesi 2 berisikan tanya jawab mengenai studi kasus. Pertama, pertanyaan dilontarkan oleh juri selama 1 menit. Juri yang melontarkan dan menilai pada sesi 2 yaitu:

1. Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum., MA
2. Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl.
Kemudian kandidat akan mempersiapkan jawaban dan menjawab pertanyaan tersebut yang masing – masing yang memiliki durasi selama 3 menit. Berakhir dengan kandidat selanjutnya yang memberikan respon pertanyaan dengan durasi 1 menit. Sesi 2 ditutup dengan adanya pertunjukan yang dilakukan dari kedua Duta Bahasa Indonesia berupa nyanyian lagu dan pembacaan puisi dilanjutkan istirahat sembari menunggu penilaian dari juri.

Sesi terakhir diisi dengan para kandidat dipersilahkan ke atas panggung mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) mewakili setiap fakultas yang dilanjutkan dengan melakukan foto bersama. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman MAWAPRES terfavorit dan terbaik tahun 2023.

Thalea Christy Nathaniela berhasil menjadi MAWAPRES terfavorit pada PILMAPRES 2023 berdasarkan voting Binusian. Sedangkan Edward Hartanto Enrico Abadi mewakili School of Information System menjadi MAWAPRES terbaik pada acara PILMAPRES 2023.

Selamat kepada para kandidat yang telah mengikuti acara PILMAPRES 2023 dan juga kepada MAWAPRES terfavorit dan terbaik BINUS University! Semoga kedepannya dapat terus berkarya untuk kedepannya dan juga sukses selalu.