Talkshow HIMA 2020 “Impact and Strategies in Technological Development for Accountants to Face Digital Transformation”

Perkembangan teknologi informasi akuntansi sudah lama berlangsung, alasan utama penggunaan dan pemicu berkembangnya  ialah efisiensi, penghematan waktu dan biaya, serta mendapatkan output laporan keuangan dengan benar dan tepat. Berbagai macam software dan aplikasi akuntansi  dapat kita temui di masyarakat untuk memudahkan  perusahaan, baik perusahaan besar ataupun UMKM dalam pencatatan dan pembukuan transaksi keuangan. Dampaknya kepada kinerja akuntan adalah diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja akuntan.

Berdasarkan fenomena di atas, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) BINUS University menyelenggarakan talkshow dengan temaImpact and Strategies in Technological Development for Accountants to Face Digital Transformation. Alasan kami memilih tema ini karena mengingat pentingnya  perkembangan teknologi yang pesat dalam dunia akuntansi dan dapat menjadi wadah untuk melatih para mahasiswa/i berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta tercipta solusi untuk menghadapi tantangan selama perubahan zaman. Hal ini membuat dunia akuntansi menjadi lebih menarik untuk dipelajari. Akuntan dapat memandang teknologi sebagai hal yang positif dan diandalkan perannya untuk meningkatkan kualitas kerja.

Pembukaan dibawakan oleh Yosa dan Stieven selaku MC acara, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Iqbal Dafi selaku Ketua Talkshow HIMA Binus 2020, setelah itu Yehezkiel Revandi Sampelino selaku Ketua Umum HIMA 2020, dan Bapak Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M. Buss (Acc)., Ph.D selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Komunikasi BINUS University. Acara talkshow ini dipimpin oleh Ibu Heny Kurniawati, SST. Ak., M.Sc. selaku Moderator. 

Selanjutnya, masuk kedalam inti acara talkshow yang di mana terdapat tiga sesi pembahasan materi, sesi pertama dibawakan oleh Bapak Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M. Buss (Acc)., Ph.D selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Komunikasi BINUS University, sesi kedua dibawakan oleh  Bapak Setiadi Sutanto, S.E., M.M., M.Sc.,  CA., ACMA, CGMA selaku CFO of Henkel Indonesia dan anggota dari CIMA dan sesi terakhir dilanjutkan oleh Bapak Manish Gidwani, ACCA, MSc selaku CEO & Founder of London School of Accountancy & Finance.

Pembicara 1

Pesan singkat yang dapat kita ambil dari penyampaian Bapak Gatot adalah tentang bagaimana tantangan profesi akuntan di masa depan dan BINUS sebagai lembaga pendidikan yang memfasilitasi para mahasiswa/i untuk mempersiapkan tantangan tersebut.

Pembicara 2

Pesan singkat yang dapat kita ambil dari penyampaian Bapak Setiadi adalah tentang bagaimana aplikasi robotic, AI, berdasarkan Henkel Indonesia. Materi tersebut membuka wawasan kita untuk mengetahui bagaimana teknologi diterapkan di setiap aspek, terutama aspek akuntansi dan keuangan.

Pembicara 3

Pesan singkat yang dapat kita ambil dari penyampaian Bapak Manish adalah tentang teknologi merupakan suatu tools bagi akuntan untuk kembali ke role kita ke dalam society, bahwa akuntan memiliki public duty bagaimana menginterpretasikan data, memverifikasikan data, dan mengomunikasikan data agar ekonomi bisa berjalan. Ada filosofi mengatakan bahwa “Capitalism will not work without accountant. Akuntan sangat penting role nya dalam dunia ekonomi, karena teknologi tidak bisa jujur, bagaimana kita menginterpretasikan dan menggunakan data sebagai akuntan yang profesional.

Sesi tanya jawab

Sesi Dokumentasi

Talkshow HIMA kali ini diikuti oleh 500+ participant, baik binusian maupun non binusian. Di akhir sesi ini diiringi oleh antusias dari para peserta untuk mengajukan pertanyaan kepada ketiga pembicara, kemudian acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini, terutama kepada Bapak Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M. Buss (Acc)., Ph.D selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Komunikasi BINUS University, Bapak Setiadi Sutanto, S.E., M.M., M.Sc.,  CA., ACMA, CGMA selaku CFO of Henkel Indonesia dan member of CIMA dan Bapak Manish Gidwani, ACCA, MSc selaku CEO & Founder of London School of Accountancy & Finance., Ibu Heny Kurniawati, SST. Ak., M.Sc. selaku Moderator, juga kepada seluruh panitia serta peserta yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam acara talkshow kali ini. Semoga acara talkshow tahun ini bermanfaat bagi kita semua.