Standar-Standar dalam Akuntansi Publik dan Akuntansi Keuangan

Mengenai Akuntansi, orang pasti akan berpikir bagaimana cara mengatur keuangan dan pemasukan dan pengeluaran yang ada. Dasar dari akuntansi sendiri adalah mengenai sistem debit dan kredit. Tentu akuntans isendiri memiliki standar, dimana standar atau patokan peraturan mengenai akuntansi digunakan untuk menyusun laporan secara detail dan absolut.

Mengenai standar akuntansi publikadalah dimana prinsip-prinsip akuntansi diterapkan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan di sektor publik. Adapun negara Indonesia memberlakukan Standar Akuntansi Pemerintah atau yang disebut SAP.

Standar-standar yang dibuat harus memperhatikan kendalanya seperti Faktor materialitas, konsistensi, keseragaman, keterbandingan dan ketepatan waktu.Apabila ini dilakukan dengan baik, maka kualitas dari standar tersebut akan meningkat dan mempertimbangkan kebutuhan uniformity( keseragaman ) yang dapat mendukung terwujudnya pemerintahan yang realisitis. Agar hal tersebut tercapai maka alangkah baiknya bila pemerintahaan yang realistisataugood governance mempunyai prinsip seperti transparasi, akuntabilitas dan partisipasi. Membuat suatu laporan keuangan harus menetapkan prinsip uniformity yang akan memudahkan agenda prinsip prinsip. Lingkup standar akuntansi sector public sendiri adalah menyediakan organisasi sector public suatu pedoman akuntansi yang diharapkan dapat diterapkan bagi pencatatan transaksi keuangan organisasi sector public serta kelengkapan klasifikasi rekening dan prosedur pencatatan serta standa rjurnal yang telah disesuaikan dengan siklus kegiatan yang mencakup anggaran, perbendaharaan sertalaporannya. Standar akuntansi sektorpublik memiliki manfaat seperti meningkatkan kualitas laporan akuntansi dan keuangan organisasi sektor public terkhusus organisasi pemerintahan. Lalu meningkatkan kinerja keuangan dan perekonomian. Adapun mengharmoniskan antara persyaratan atas laporan ekonomi dari keuangan. Dalam penerapansistemakuntansidanmanajemenkeuanganinimampumenghasilkan output yang lebih baik. Sehingga segala informasi yang akan ditampilkan baik.

Untuk lebih memahami standar akuntansi publik, mari kita bedakan dengan standar akuntansi keuangan. Standar akuntansi public sendiri digunakan oleh entitas yang bertanggungjawab menyediakan barang dan jasa untuk masyarakat, sementara standar akuntansi keuangan digunakan oleh entitas yang bertanggungjawab mencari laba untuk pemilik atau pemegang saham. Lalu terlihat perbedaan dalam menyusun laproran keungan yang disajikan dalam standar akuntansi public dan standar akuntansi keuangan. Dalam standa rakuntansi public tidak ada laporan laba/rugiatau yang dikenal dalam pemerintahan adalah laporan kinerja keuangan mengenai surplus dan defisit.

Sumber gambar: http://www.e-akuntansi.com/2015/09/standar-akuntansi-keuangan-sak.html

 

Dibuat oleh : Eufrasia Acintya