Mempersiapkan Diri untuk Menghadapi Dunia Kerja

Sebagai seorang pelajar, tujuan terbesar dari proses pembelajaran anda adalah untuk mempersiapkan diri dalam menjadi seseorang yang memiliki karir yang menjanjikan. Semua pelajaran dan materi yang telah dipelajari selama ini akhirnya akan berguna disaat kalian memasuki dunia karir nanti. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi seorang mahasiswa atau mahasiswi untuk mempersiapkan diri dalam mencari tempat internship yang cocok untuk anda. Di artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips dan tricks untuk mempersiapkan diri kalian.

  1. Siapkan berkas-berkas esensial yang dibutuhkan
    Saat mengirim lamaran kerja, semua informasi kita sebagai pelamar harus disiapkan di dalam dokumen-dokumen esensial. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan adalah Curriculum Vitae (CV) atau resume, Cover Letter dan transkrip nilai jika dibutuhkan.
  2. Gunakan bahasa yang formal dan profesional
    Saat membuat dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan dan saat menulis e-mail lamaran, pastikan kita menggunakan bahasa yang formal, sopan, dan profesional agar kita bisa menjaga citra baik kita. Hindari penggunaan bahasa singkatan, slang, atau kata-kata yang mengandung unsur SARA.
  3. Gunakan alamat e-mail yang profesional
    Pengiriman e-mail lamaran kerja yang pasti akan dilakukan dengan menggunakan media surat elektronik seperti g-mail. Saat ingin mengirim e-mail lamaran kerja, pastikan kita sebagai pelamar menggunakan akun e-mail yang formal dan jelas. Alamat e-mail yang baik wajarnya berisikan nama depan dan nama belakang kita sebagai pelamar. Hindari penggunaan bahasa-bahasa yang berlebihan dan juga simbol-simbol dengan jumlah yang berlebihan.
  4. Kirim e-mail di waktu yang wajar
    Walaupun kesannya simpel, waktu pengiriman e-mail lamaran harus juga diperhatikan. Pengiriman e-mail sebaiknya dilakukan di awal hari seperti dari jam 09.00 pagi sampai jam 11.00 siang karena di jam tersebut, biasanya HRD akan membuka kotak pesan mereka.
  5. Lakukan wawancara dengan sikap, etika, dan bahasa yang sopan
    Setelah lamaran kerja diterima dan ditinjau oleh HRD perusahaan, langkah berikutnya biasanya adalah wawancara. Saat melakukan wawancara, pastikan kita menggunakan bahasa yang formal dengan suara yang jelas. Kita juga harus jujur dalam menyajikan fakta-fakta tentang diri kita kepada HRD.
  6. Hindari mengirim e-mail lamaran ke banyak tempat secara sekaligus
    Walaupun mengirim e-mail ke beberapa tempat yang berbeda dalam waktu yang bersamaan terkesan efisien dan efektif, kita bisa saja mengundang kesan bahwa kita adalah orang yang kurang serius dan malas dalam menghadapi dunia kerja. Lebih buruknya lagi, saat kita diterima oleh dua perusahaan sekaligus dan harus menolak salah satu perusahaan tersebut, kita bisa saja mengundang kesan kurang profesional dari perusahaan tersebut.
  7. Terus memperbarui sosial media dan menjaga citra kita di sosial media.
    Sosial media merupakan sarana dimana informasi tentang diri kita bisa ditemukan dengan mudah. Oleh sebab itu, kita harus bisa menjaga citra kita di dunia maya. Salah satu media sosial yang sangat disarankan untuk terus diperbarui adalah LinkedIn.

Referensi:
(n.d.). Cara Melamar Kerja lewat email. SkillsAcademy. https://blog.skillacademy.com/cara-melamar-kerja-lewat-email
(n.d.). 5 Cara Melamar Kerja ini bisa bikin HRD terkesan. ekrut.com. https://www.ekrut.com/media/5-cara-melamar-kerja-ini-bisa-bikin-hrd-terkesan