Bincang Jurusan Kemanggisan Periode Genap 2019/2020

Bincang Jurusan (Binjur) merupakan salah satu kegiatan di mana Mahasiswa jurusan Akuntansi, Finance, dan Sistem Informasi Akuntansi BINUS University dapat menyalurkan aspirasi dan kritik mereka tentang perkuliahan di BINUS University yang diadakan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA). Kegiatan ini juga dapat memberikan informasi terbaru seputar akuntansi yang akan berguna dan membantu mahasiswa untuk menjalani kegiatan perkuliahan di BINUS University dengan lebih baik.

Adapun Bincang Jurusan 2020 telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Mei 2020 pukul 13.20 – selesai, secara online menggunakan aplikasi Cisco Webex Meetings dengan tema “E- book Sebagai Media Pembelajaran Pengganti Text Book”. Pada kesempatan kali ini HIMA mengundang Ketua dekan fakultas ekonomi dan komunikasi serta dosen Prodi Akuntansi dan Keuangan. Acara ini dihadiri oleh Bapak Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M. Buss (Acc)., Ph.D (Dean of Faculty of Economics and Communication) dan Bapak Kevin Daniswara, S.E., M.Ak. (Deputy Head of Accounting Study Program).

Acara dibuka dengan doa oleh MC, dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua acara yaitu Nadya Fatimah Morgan, dan disambung oleh Yehezkiel Reva Sampelino sebagai Ketua Umum HIMA, serta Bapak Gatot selaku Dean of Faculty of Economics and Communication, dan ditutup dengan kata sambutan dari Bapak Kevin selaku Deputy Head of Accounting Study Program.

Acara selanjutnya adalah sesi Bincang Jurusan dan Himpunan yang dipimpin oleh Dinda Febrianti selaku moderator.

Sesi Bincang Himpunan disampaikan oleh Yehezkiel selaku Ketua Umum HIMA dengan membahas secara lebih dalam mengenai HIMA dan beberapa program kerja yang sudah direalisasikan, yaitu:

  1. P2M Galang Dana
  2. P2M Tentang Pengenalan Pajak
  3. Responsi

Adapun program dan rencana HIMA selanjutnya, yaitu:

  1. TKH
  2. Seminar 3 region secara online
  3. Binus National Accounting Tournament

Sesi Bincang Jurusan disampaikan oleh Bapak Gatot selaku Dean of Faculty of Economics and Communication dan Bapak Kevin selaku Deputy Head of Accounting Study Program. Pak Kevin mengatakan, dengan perkembangan revolusi industri 4.0 tentunya beliau setuju dengan penggunaan E-book sebagai media pembelajaran. Beliau sendiri merupakan alumni dari BINUS dan E-book sudah digunakan semasa beliau menjadi mahasiswa di BINUS, namun masih banyak pandangan kontra karena text book dinilai lebih mudah. Tetapi seiring berkembangnya zaman, E-book dinilai lebih efektif daripada penggunaan text book karena dapat ikut melestarikan alam dengan mengurangi produksi kertas, dan juga dinilai lebih praktis karena E-book dapat diakses melalui handphone.

Buku-buku yang dapat diakses pun merupakan buku-buku berlisensi dan resmi dari penerbitnya, sehingga kita juga ikut mendukung karya orisinal tambah Pak Gatot.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemberian masukan atau pendapat mahasiswa/i.

Berikut beberapa pertanyaan mahasiswa/i serta jawaban yang diberikan oleh Pak Gatot dan Pak Kevin serta Yehezkiel Reva Sampelino berkaitan dengan penggunaan e-book, himpunan serta jurusan:

  • Apa pengaruh jika bergabung dengan HIMA terhadap pekerjaan?

Jawaban : Dengan bergabung bersama HIMA,tentunya bisa melatih softskill, seperti skill public, speaking, management, kepemimpinan, problem solving, dan memahami karakteristik orang lain yang dapat menjadi bekal pada saat kita bekerja. Selain itu, kita memiliki banyak pengalaman dengan bertemu teman-teman di regional lain, menambah relasi yang kita tidak tahu teman kita nantinya jadi apa dan bisa saja membantu kita dalam dunia bekerja atau bahkan kerja sama di masa depan nanti.

  • Seperti yang kita ketahui, waktu merupakan sesuatu yang berharga. Bagaimana tips dalam memanajemen waktu dan memanfaatkannya sebaik mungkin di tengah kesibukan sebagai mahasiswa terutama yang berkecimpung dalam dunia organisasi?

Jawaban: Hal utama yang harus kita tanamkan dalam diri kita untuk memanajemen waktu salah satunya jangan menunda tugas-tugas. Tentukan prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.Segera kerjakan tugas sebisa mungkin jauh sebelum deadline dan support dengan motivasi diri.

  • Pihak library mengatakan bahwa e-book hanya bisa digunakan sampai lulus. Apakah itu benar?

Jawaban: E-book dibagi menjadi dua, ada e-book paket yang kita beli dan e-book yang ada di library. E-book yang di library hanya kita bisa akses selama kita menjadi mahasiswa saja. Kalau e-book paket yang kita sudah beli, unduh, dan redeem melalui vital source, e-book akan tersimpan di device sampai kapanpun.

  • Pada Binus Maya, tertera bahwa penggunaan e-book hanya satu tahun untuk redeem. Apakah satu tahun untuk dipakai atau satu tahun untuk jangka waktu redeem, atau bagaimana? Begitupun dengan pembayaran e-book di financial summary yang bertuliskan textbook sedangkan kami menerima e-book, dan hal itu dikhawatirkan akan menimbulkan pertanyaan bagi para orang tua.

Jawaban: Telah dikonfirmasi dengan pihak library, bahwa satu tahun yang disebutkan adalah masa untuk redeem e-book dan mahasiswa dapat memakai e-book yang sudah diredeem selamanya, dan penjelasan textbook pada financial summary di binus maya itu dimaksudkan textbook yang soft copy.

Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi secara online.